Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif dan Aplikasinya Menggunakan Android

Muhammad Fhadli, Sabaruddin Sabaruddin, Mufti Amir Sultan

Sari


Program Pengabdian Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan skill guru
Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Ternate dalam memberikan pembelajaran secara
menarik. Hal ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan guru dalam memberikan
media pembelajaran interaktif yang dapat menarik siswanya. Dalam hal metode pelatihan
yang diterapkan adalah pelatihan praktik langsung serta didukung juga oleh video tutorial.
Tahapan yang dilakukan terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan
dan tahap pasca kegiatan. Hasil dari pengabdianan ini didapatkan bahwa Pelatihan
pembelajaran powerpoint di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Ternate berlangsung
dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas guru Sekolah Dasar Islam Terpadu
Insantama Ternate dan Pelatihan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis
android ini terkati dengan upaya peningkatan literas

Teks Lengkap:

1-11

Referensi


Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar M

Fuad, A. J., & Permatasari, A. D. (2019). Penggunaan Media Slide

Powerpoint dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah

Dasar Pada Pembelajaran Tematik. EL Bidayah: Journal of Islamic

Elementary Education, 1(1), 61–78.

https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.683

Hutabri, E., Dasa Putri, A., Informatika, J. T., Teknik, F., Komputer, D.,

Putera Batam, U., & Soeprapto -Batam, J. R. (2019a). Jurnal

Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan. 08(02), 57–

Hutabri, E., Dasa Putri, A., Informatika, J. T., Teknik, F., Komputer, D.,

Putera Batam, U., & Soeprapto -Batam, J. R. (2019b). Jurnal

Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan. 08(02), 57–

Kartika Sari, L., & Sasongko, D. (2013a). Media Pembelajaran Interaktif

Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Seminar Riset

Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1).

Kartika Sari, L., & Sasongko, D. (2013b). Media Pembelajaran Interaktif

Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Seminar Riset

Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1).

Kuncahyono. (2017). Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer pada

Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan

SD, 5(2).

Maesaroh, S., & Malkiah, N. (2015). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa

Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia untuk

Sekolah Dasar. Jurnal Sisfotek Global, 5.

Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran

“ORMAS†(Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power

Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865

Prihantini, P., Tyara, T., Dinila, D., Puspitasari, P., & Khairunnisa, K. (2021).

Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam

Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian

Masyarakat Indonesia, 1(4), 121–126.

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.27




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v1i1.4443

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.

slot gacor slot