Implementasi Scrum Berbasis Web Untuk Meningkatkan Proses Penjualan: Studi Kasus Warung Kopi Engineering Kampus 3 Unkhair, Jati-Ternate

M. Zulfikar Parakkasi, Assaf Arief, Badrun Ahmad, Suyuti Suyuti

Sari


ABSTRAK Proses jual beli di warung kopi egineering kampus 3 Unkhair, Jati-Ternate, kerap dilakukan secara luring dengan cara pengunjung datang langsung ke tempat dan memesan menu secara langsung, sebagaimana warung kopi proses jual beli tradisional yang ada. Proses ini sangat menguntungkan penjual karena memiliki keuntungan tersendiri didalamnya, tetapi lain halnya dengan pembeli yang tidak dapat berkunjung langsung ke warung kopi itu, mereka tidak akan bisa berkesempatan untuk merasakan produk yang dijual oleh warung kopi itu. Proses penjualan dimana sistem ini di rancang dengan menerapkan metode yaitu pengembangan Scrum dimana metode ini banyak mengandung sprint dan beban kerja yang mana masing-masing sprint berupa prioritized product backlog. Prioritized product backlog terdiri dari fitur terbaru, perbaikan bug atau error, dan hal lain yang memberikan kontribusi pada hasil produk akhir aplikasi. Pengembangan Scrum merupakan suatu pendekatan Agile pada pengembangan produk yang mengusung prinsip iterasi pada setiap fasenya. Hasil pengabdian ini berupa aplikasi berbasis web yang digunakan untuk proses jual-beli daring pada warung engineer kampus 3, Jati Universitas Khairun. Kata Kunci: Website, Waterfall, Sistem Informasi

Teks Lengkap:

93 - 99

Referensi


Fardiansyah, M., Nur, A. W., Arief, A., & Hizbullah, I. (2022). AGILE SCRUM

UNTUK PLATFORM E-COMMERCE UMKM KULINER : STUDI KASUS

TOKO. JURNAL PEDIMAS PASIFIK, 01(01), 57–65.

file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/9.+Pendikmas+Assaf+&+Imam.pdf

Hadji, S., Taufik, M., & Mulyono, S. (2019). Implementasi Metode Scrum Pada

Pengembangan Aplikasi Delivery Order Berbasis Website ( Studi Kasus

Pada Rumah Makan Lombok Idjo Semarang ). Konferensi Ilmiah Mahasiswa

Unissula (Kimu) 2, 32–43.

Harun, R., & Arief, A. (2017). Aplikasi Android Rekomendasi Tempat Wisata Kota

Ternate Menggunakan Layanan Berbasis SIG. PROtek, 04(2), 80–83.

Schwaber, K., & Sutherland, J. (2020). Scrum Guide. In Agile Metrics : Agile

Health Metrics for Predictability (Issue November).

Yudiantika, A. R. (2012). Perancangan Antarmuka Layanan Informasi Wisata dan

Kuliner di DIY Berbasis Web dan Mobile Web. Seminar Nasional Science,

Engineering, and Technology (SciETec)




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v1i2.5744

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.