Sosialisasi dan Edukasih Zona Selamat Sekolah Pada Murid Kelas V SD Mononutu Kota Ternate

Nurmaiyasa M., Abdul Gaus, Ema Amalia

Sari


Pendidikan mengenai keselamatan berlalu lintas harus ditanamkan sejak dini di kalangan anak-anak sekolah. Untuk itu Pemerintah pun memberi perhatian khusus terhadap anak-anak usia sekolah ini yang ditandai dengan inisiatif untuk menggulirkan program Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yaitu dengan memberikan edukasi serta dukungan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan perlindungan anak. Lokasi yang dipilih dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah sekolah dasar yang lokasi sekolahnya masuk dalam kategori rawan lalu lintas, lokasinya berada pada SD Mononutu kota Ternate 

Ketersedian Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di SD Mononutu belum berfungsi maksimal, ini terlihat  masih adanya terjadi kecelakaan ringan maupun berat yang terjadi di seputaran ruas jalan sekolah, dari hasil sosialisasi pemaparan zona selamat sekola yang di sampikan ke pada siswa SD kelas V hampir seluruh murid kelas V belum paham dan mengerti tentang atribut dan rambu-rambu zona selamat sekolah serta fungsinya-fungsi dari marka dan rambu-rambu yang ada di lingkungan ruas jalan sekolah yang berada di lokasi sekolah mereka, hasil dari sosialisasi  dan edukasi Zona Selamat Sekolah diharapkan siswaseluruh siswa SD Mononuti dapat memahami dan mengerti tentang edukasi fungsi dan kegunaan zona selamat sekolah, serta memberikan rasa aman kepada para murid yang akan menyeberang di jalan. Diharapkan  dengan adanya kegiatan PKM dapat membantu penerapan tentang zona selamat sekolah dan dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas, yang ada di ruas jalan depan sekolah mereka.

Kata Kunci: Zona, Selamat, Sekolah, Murid


Teks Lengkap:

107 - 113

Referensi


Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, (2006), â€Uji Coba Penerapan Zona Selamat Sekolah di 11 (Sebelas) Kota di Pulau Jawaâ€, Peraturan No.: SK 3236/AJ 403/DRJD/2006.

Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat ITB, (1997), â€Metode Survei Lalu lintas dan Transportasiâ€, KBK Rekayasa Transportasi Jurusan Teknik Sipil, ITB.

Jurnal Sipil sains Fakultas Teknik Universitas Khairun volume 10, no 2 (2020) Studi tingkat keselamatan pada Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di kota Ternate Muhammad Darwis, Erwinsyah Tuhuteru




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v1i2.5847

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.