Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Tela dan Paving Block dari Limbah Tailing pada Mitra Kelompok PESK Desa Anggai Kecamatan Obi Halmahera Selatan

Firman Firman, Said Hi Abbas, Hilda Alkatiri, Rahmania Nurdin, Nurafni Sagaf

Sari


Limbah tailing sisa pengolahan emas bagi mitra penambang emas skala kecil (PESK) Desa Anggai volumenya sangat besar dan belum termanfaatkan. Limbah tailing terhampar luas di sekitar pengolahan emas sehingga perlu dilakukan penyuluhan dan pelatihan pembuatan tela dan paving block memanfaatkan material limbah tersebut sebagai agregat. Penyuluhan dan pelatihan pembuatan tela dan paving block menjadikan kelompok PESK Desa Anggai sebagai mitra. Penyuluhan dan pelatihan dilakukan di Balai Desa Anggai tanggal 25 Agustus 2023. Mitra berjumlah 20 orang dan berdasarkan hasil pre-test 70% (14 orang) awalnya belum mengetahui bahwa limbah tailing dapat dijadikan bahan agregat pembuatan tela dan paving block. Setelah dilakukan penyuluhan dan dilakukan post-test, semua (100%) mitra telah mengetahui bahwa limbah tailing dapat dijadikan agregat campuran tela dan paving block. Transfer teknologi dan keterampilan dilakukan melalui pelatihan pembuatan tela dan paving block setelah penyuluhan, dan mitra dapat membuat tela dan paving block menggunakan limbah tailing dengan komposisi 4: 1,5 : 1 (agregat pasir: tailing: semen) atau 23% tailing (v/v). Pemanfaatan limbah tailing sebagai agregat pembuatan tela dan paving block diharapkan mereduksi volume limbah dan dapat bernilai ekonomis dari penjualan tela dan paving block sebagai bahan konstruksi.

Kata Kunci: Desa Anggai, Paving Block, PESK, Tailing, Tela


Teks Lengkap:

100-107

Referensi


Ahadian, E.R., Tuhuteru, E., dan Firman, F. 2021. Sosialisasi K3 Pada Penambang Emas Skala Kecil Desa Anggai Kecamatan Obi. Journal Of Khairun Community Services, 1(2).

Amalia, A., dan Murdiyoto, A. 2019. Kualitas Bata Beton Berlubang dengan Bahan Limbah Tailing Penambangan Emas UPBE Pongkor. Jurnal Poli-Teknologi, 18(1).

BPS. 2021. Kabupaten Obi dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Selatan. https://halmaheraselatankab.bps.go.id/.

Firman, F. 2021. Peningkatan Kesadartahuan Bahaya Merkuri di Desa Anggai Kecamatan Obi Kabupaten Halmahera Selatan. Journal Of Khairun Community Services, 1(1).

Gautama, R.S., dan Ashari, A. 2014. Karakterisasi Geokimia Tailing Tambang Emas Terkait Metode Penempatan Tailing pada Tailing Storage Facility. akademia.edu.

SNI 03-0349-1989. Bata Beton untuk Pasangan Dinding. Badan Standarisasi Nasional (BSN). https://www.bsn.go.id/.

SNI 03-0691-1996. Bata Beton (Paving Block). Badan Standarisasi Nasional (BSN). https://www.bsn.go.id/.




DOI: https://doi.org/10.33387/jepk.v2i2.7261

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office :
Program Studi Magister Teknik Sipil, Pascasarjana Universitas Khairun 
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia.