Pembuatan Pojok Literasi Sebagai Perpustakaan Mini Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Desa Jiwut

Zahra Alya Nares Wari, Alifianty Delila, Amelia Fahrunisa, Syarifullah Bundang, Amrih Halil

Sari


Minat baca adalah salah satu kunci berkembangnya seseorang untuk meningkatkan pengetahuan. Berdasarkan Statistik Pendidikan 2023 oleh Badan Pusat Statistik, kesenjangan capaian tingkat pendidikan yang ditamatkan terlihat antara penduduk yang tinggal di perdesaan dan perkotaan. Penduduk usia 15 tahun ke atas di perdesaan didominasi oleh tamatan SMP/sederajat ke bawah (72,03 persen). Hal ini juga terjadi di Desa Jiwut, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Kurangnya fasilitas pendidikan di Desa Jiwut, membuat desa ini mengalami kemerosotan minat membaca dan mengembangkan pengetahuan. Sehingga diperlukan suatu sarana atau fasilitas yang dapat meningkatkan minat membaca masyarakat desa Jiwut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat perpustakaan desa yang berupa pojok literasi. Metode pelaksanaan pembuatan pojok literasi sebagai perpustakaan mini diawali dengan diskusi dan persetujuan pembuatan pojok literasi dengan pemerintah desa dan perwakilan masyarakat, lalu dilakukan penyebaran poster mengenai donasi buku layak baca, pengumpulan donasi buku layak baca, diakhiri dengan pembuatan dan peresmian pojok literasi. Antusiasme masyarakat terhadap pojok literasi pun terlihat ketika kegiatan belajar mengaji anak-anak desa Jiwut usai, anak-anak meluangkan waktu untuk melihat dan membaca buku di pojok literasi. Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan minat baca di Desa Jiwut.


Kata Kunci


Minat Baca, Desa Jiwut, Perpustakaan, Pojok Literasi, Masyarakat Perdesaan

Teks Lengkap:

1 - 7

Referensi


[RI] Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007.

[RI] Republik Indonesia. (2017). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017.

Alam, Syamsu. (2015). Membangun Perpustakaan Desa Menjadi Peletak Dasar Lahirnya Budaya Baca Masyarakat Di Pedesaan. Jupiter: Jurnal Perpustakaan Informasi dan Komputer, XIV (2), 78-82.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar. (2021). Kecamatan Nglegok Dalam Angka. Blitar: Badan Pusat Statistik.

Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat. (2023). Statistik Pendidikan 2023. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Google Earth. (2024). Desa Jiwut, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tersedia pada: https://earth.google.com/web/search

Hemanto, Bambang. (2015). Optimalisasi Perpustakaan Desadalam Rangka Meningkatkan Pendidikan Masyarakat. Jurnal Pustaka Ilmiah, 1 (1), l 71-76.

Mawaryanto, Erma., Rohman, Muhibur., Sholehah, Maratus., & Sudarso, Hendra. (2023). Revitalisasi Perpustakaan Untuk Peningkatan Literasi Siswa. Jurnal Abdiku, 6 (2), 53-58.

Ridlwan, M & Asyari. (2017). Pemberdayaan IPM Melalui Perpustakaan Mini Sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas Baca-Tulis di Kapas Madya Baru Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1), 52-59.

Sutarno. (2006). Perpustakaan dan Masyarakat. Sagung Seto. Jakarta.

Wahdian, Agus & Hardiansyah, Framz. (2023). Meningkatkan Literasi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Dan Pembentukan Perpustakaan Desa Di Balai Desa Batu Putih Sumenep. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (2), 305-312.

Yuda, Yoga Prisma., Hapsari, Estuning Dewi., Widayatno, Dandi., Junita, Merliya Indria., & Choirunisa, Vadilla Salma. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Perpustakaan Mini Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Di Desa Golan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JKPMI), 1 (2), 45-51.




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v4i1.7812

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.