Media Pembelajaran Mitigasi Bencana Pada Anak Sekolah Dasar

suhartini suhartini, Asri A Muhammad, Firdawaty Marasabessy

Sari


Pulau Tidore merupakan satu dari gugusan pulau yang tersebar di Provinsi Maluku Utara. Lokasi pengabdian kepada masyarakat yang berada di Tomalou adalah bagian kelurahan di kecamatan Tidore Selatan. Kelurahan ini berada di tepian pantai, area permukiman berada disepanjang garis pantai dengan penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan. Wilayah tepian pantai cenderung rentan terhadap potensi bencana alam yang tinggi. Di kawasan Maluku Utara-Sangihe merupakan kawasan beresiko gempa, dan tsunami karena adanya gempa tektonik. Oleh karena itu diperlukan mitigasi berupa tindakan-tindakan untuk mengurangi atau meminimalkan potensi dampak negatif dari suatu bencana. Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini dalam bentuk memanfaatkan media komunikasi visual yang menjadi alternatif promosi atau iklan layanan masyarakat untuk mengedukasi anak sekolah berbasis kearifan lokal. Media online seperti media sosial efektif untuk dapat dijadikan sebagai media edukasi bagi anak.

Kata Kunci


media pembelajaran; mitigasi bencana; anak sekolah; Tomalou

Teks Lengkap:

8 - 12

Referensi


BPS Kota Tidore Kepulauan. 2022. Kecamatan Tidore Selatan Dalam Angka 2022.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 2020. Informasi Siaga Bencana

Wahyono, E. B., Nugroho, T., & Aji, E. P. (2016). Dampak Deformasi Lempeng Bumi Terhadap Koordinat Titik Dasar Teknik Di Pulau Ternate Dan Kabupaten Halmahera Barat Propinsi Maluku Utara (Periode 2005/2007–2015).




DOI: https://doi.org/10.33387/jkc.v4i1.7897

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Informatio

Editorial Office :
Fakultas Teknik. Universitas Khairun | Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia | Email : jkc@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.