Journal Of Science and Enggineering (JOSAE)

Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Journal Of Science And Engineering?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Kerangka Artikel

1. Judul : judul yang harus ditulis secara ringkas dan menggambarkan isi naskah, dalam judul hindari penulisan sub judul atau studi kasus.
judul ditulis menggunakan huruf besar dan tebal, times new roman 12pt, maksimal 15 kata dan dicantumkan ditengah naskah.
2. Nama Penulis : nama penulis (tanpa gelar akademik) dengan yang dicantumkan nama pertama dan nama terakhir, jika nama ada 3 kata atau lebih maka nama yang ditengah ditulis inisialnya saja. nama penulis huruf setiap awal kata menggunakan huruf besar dan di bold

contoh :

Nama Lengkap Muhammad Sabri Ahmad ditulis Erwinsyah Tuhuteru

3. Abstrak dan kata kunci (150 – 250 kata) ditulis dalam bahasa  Indonesia dan Inggris; kata kunci minimal tiga buah dan maksimal 5 buah;

contoh kata kunci : Analisis Sentimen, Obyek Wisata, SVM, [maksimal 5 kata kunci]

4. Pendahuluan

Pendahuluan bertujuan untuk menjelaskan hal-hal yang melatarbelakangi kegiatan penelitian. Pendahuluan juga mendeskripsikan kajian terkini yang telah dilakukan baik oleh penulis maupun oleh peneliti lain. Pengarang perlu mensitasi literatur yang dijelaskan dalam pendahuluan. Pengarang /penulis juga perlu menjelaskan tujuan kegiatan penelitian dengan singkat dan jelas. Pengarang perlu memilih lietratur yang benar-benar sesuai dengan penelitian yang akan dilakukan. dan hindari numbering pada bagian pendahuluan.

5. Metode Penelitian

metode penelitian yang berisi tentang memformulasikan permasalahan yang diteliti dengan lebih rinci (sedapat mungkin ditulis secara matematis) dan menjelaskan metode yang diusulkan. jika ada teori yang digunakan maka hanya perlu dirujuk nama penulisnya tidak perlu cantumkan seluruh isi teori.;

6. Perancangan Sistem (Opsional)

pada bagian perancangan sistem bisa ada atau tidak tergantung kebutuhan;

7. Hasil Dan Pembahasan

hasil dan pembahasan yang berisi tentang menyampaikan pengujian yang dilakukan dan menganalisis hasil;

8. Kesimpulan

Menyimpulkan hasil pengujian beserta saran-saran untuk perbaikan penelitian kedepan

9. Daftar Pustaka

semua referensi yang dicantumkan di naskah harus dicantumkan di daftar pustaka dengan menggunakan style harvard. untuk memudahkannya gunakanlah tools mendeley/endnote/zerotero.

Contoh Penulisan daftar pustaka Jurnal

 [1]    D. S. Budi.,  A. Heri and A. Y. Taghfirul. 2016. “Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak”., Teknika, vol 1. no 2, pp. 24–31 Tersedia melalui: Perpustakaan Universitas BX <http://perpustakaan.ubx.ac.id> [Diakses 1 Juli 2019]

[2]    A. Khairan and S. Lutfi. 2020. “Pembuatan Website Portal Ekonomi Dan Wisata (Ekowisata) Di Pulau Maitara Kota Tidore Kepulauan”., JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol.3(1), pp. 162–171

[3]    G. Toz., I. Yücedağ dan P. Erdoğmuş. 2018. “A Fuzzy Image Clustering Method Based on An Improved Backtracking Search Optimization Algorithm with An Inertia Weight Parameter”., Journal Of King Saud University - Computer And Information Sciences, 31(3), Pp. 295–303. Doi: 10.1016/J.Jksuci.2018.02.011.

[4]    Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

 

Contoh Penulisan daftar pustaka Buku

[5]    A. Alif., 2019. Metode dan Implementasi Data Mining: ABC Press.Yogyakarta

Conference Paper

[6]    F. Mahdia dan Noviyanto, F. 2013. ‘Pemanfaatan Google Maps API untuk Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web’, Seminar Nasional Keteknikan, pp. 162–171. ISSN:1111-1111

[7]    D. S. B. JUMADI., S. Sitompul And P. Sihombing. 2019. “Enhancement Clustering Evaluation Result Of Davies-Bouldin Index With Determining Initial Centroid Of K-Means Algorithm”., In Journal Of Physics: Conference Series, pp. 012-017. Doi: 10.1088/1742-6596/1235/1/012015.

Website

[8]    Internetstas, 2019. “World Rank statistic in the wolrd”. Tersedia [www.internetstas.org/wold-rangking-in-the-world] diakses 2 Agustus 2019.

[9]    Kemendikbud. 2019. “Data Pokok Pendidikan Dasar Dan Menengah”. Available At: [Https://Dapo.Dikdasmen.Kemdikbud.Go.Id/Sp/3/276006] diakses 2 Februari 2020

Panjang Naskah

Naskah ditulis dalam ukuran kertas A4 dengan jumlah halaman minimum 4 halaman, maksimum 10 halaman, termasuk tabel dan gambar, serta dengan mengacu tata cara penulisan seperti telah yang disusun pada tulisan ini.

Tabel

Tabel harus diberi nomor sesuai urutan presentasi (Tabel 1, dst.). Judul tabel ditulis diatas tabel dengan posisi rata tengah (center justified). Font yang dipakai berukuran 8pt baik judul tabel maupun isi tabel. Tabel harus diacu dan dirujuk dalam text.

Gambar

Gambar diberi nomor sesuai urutan presentasi (Gambar.1, dst.). Judul gambar yang diletakkan dibawah gambar dengan posisi tengah (centre justified). Font yang dipakai dalam judul gambar berukuran 8pt. Gambar harus diacu dan dirujuk dalam text.

Pedoman Penulisan

1. Naskah yang ditulis pada Journal Of Science and Enggineering (JOSAE) menggunakan bahasa Indonesia

2. Panjang naskah yang ditulis maksimal 10 halaman

3. Naskah yang dikirimkan filenya dalam bentuk *doc. dan size tidak melebihi 1 Mb

4. Penulisan naskah harus sesuai dengan aturan dari Journal Of Science and Enggineering (JOSAE). template dari jurnal dapat di download disini

5. Saat mengirimkan naskah diwajibkan juga untuk mengirimkan persetujuan penulis dan perjanjian hak cipta.

6. Daftar Pustaka yang dirujuk minimal 10 tahun terakhir 80% dan minimal menggunakan 1 referensi dari Journal Of Science and Enggineering (JOSAE)

7. Jumlah Referensi di Daftar Pustaka minimal 15 Referensi dengan 80% Referensi Primer

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:

  1. Penulis mengakui bahwa Journal Of Science and Enggineering (JOSAE) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
  2. Menyetujui untuk menerbitkan artikel yang telah dikirimkan ke Journal Of Science and Enggineering (JOSAE).
  3. Menyetujui untuk mengalihkan hak cipta (transfer of copryright) artikel ini kepada Journal Of Science and Enggineering (JOSAE) 
  4. Menyetujui untuk mengganti kerugian dan membebaskan Journal Of Science and Enggineering (JOSAE) dari biaya yang mungkin timbul disebabkan oleh pelanggaran pada artikel tersebut.
  5. Menjamin bahwa Artikel yang dikirimkan adalah asli. Jika Artikel mengandung bagian teks, gambar, atau data yang merupakan karya orang lain, pastikan sudah mendapatkan hak atau ijin dari pemegang hak cipta (pengarang, penerbit, atau organisasi) atau didalam artikel sudah disebutkan referensinya sesuai format pengutipan data.

Lisensi :

Journal Of Science and Enggineering (JOSAE) diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.