EVALUASI TARIF ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN STANDARISASI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PULAU MOROTAI

Aminullah Thaib, Sukarmin Idrus

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai bahan evaluasi penentuan tarif angkutan umum dalam pelaksanaannya tanpa merugikan pengguna angkutan maupun penyedia jasanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif analitis, yaitu penelitian yang bukan bersifat eksperimen akan tetapi dimaksudkan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan berupa data primer dan data sekunder yang selanjutnya dipakai untuk proses analisis data. dari hasil penelitian ini diperoleh tarif roda tiga (bentor) Rp. 2.484,93/km, dan tarif mini bus Rp. 2.806,47/km. Terjadi perbedaan antara SK Bupati dan analisis hasil perhitungan yaitu untuk tarif roda tiga (bentor) sebesar 19,51%, dan tarif mini bus sebesar 10,92%.

References


Agus Sumarsno D., dkk, 2015. Analisis Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Ability To Pay (ATP), Willingness To Pay (WTP) dan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) (studi kasus : Trans Jogja Rute 4A dan 4B). E-Jurnal Matriks Teknik Sipil/Juni 2015/586. Surakarta

Samin dan Sekar Arum, 2015. Analisa Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, ATP dan WTP. Media Teknik Sipil Volume 12, Nomor 2. Malang

Indra J. P. dan Rico M. S, 2015 Evaluasi Tarif Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Berdasarkan BOK Trayek Medan – Doloksanggul. Medan.

Kusuma N. Ivonne. 2019. Analisis TArif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Opersional Kendaraan (studi Kasus Bus Trans Lampung Tayek Bandar Lampung-Bandara Raden Inten II), Skripsi Fakultas Teknik Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v4i1.2560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Of Science And Engineering




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.