ANALISIS WAKTU PERJALANAN PEKERJA (ASN) PEMERINTAH KOTA TERNATE

Raudha Hakim, Abdul Gaus

Abstract


Transportasi timbul dalam kehidupan manusia karena adanya proses pemenuhan kebutuhan di mana kebutuhan itu tidak terpenuhi di tempat ia berada tetapi terpenuhinya di tempat lainnya. Karena alasan tersebut membuaat pergerakan terjadi antara dua tempat yaitu tempat di mana barang atau jasa dibutuhkan ke temptat dimana barang atau jasa tersebut tersedia, pergerakan yang terjadi akibat adanya proses pemenuhan kebutuhan ini dapat terjadi pada kurun waktu tertentu seperti setiap hari, setiap jam, setiap menit bahkan setiap detiknya. Terdapat bermacam-macam jenis pemenuhan kebutuhan seperti pergerakan untuk pemenuhan pekerjaan rekreasi dan lain-lain. Bentuk-bentuk kegiatan tersebut akan menentukan jenis pola pergerakan yang terjadi dalam suatu wilayah dimana pergerakan individu pada suatu zona akan berbeda dengan zona lainnya. Metode penelitian ini pada tahap awal adalah penentuan jumlah sampel untuk penyebaran kuesioner. Penyebaran kuesioner Dilakukan pada dinas-dinas yang ada di kota Ternate. Penalitian ini bertujuan untuk mengatahui karakteristik perjalanan dan menganalisis hubungan antara waktu perjalanan dan jarak perjalanan ASN Pemerintah Kota Ternate saat berangkat ke kantor baik pada keadaan kondisi lalu lintas lancer maupun kondisi lalu lintas macet. Analisis yang digunakan adalah dengan pendekatan metode regresi linear. Analisis ini menunjukan untuk karakteristik jarak dan waktu tempuh perjalanan ASN memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan moda yang di gunakan oleh ASN Pemerintah Kota Ternate.

References


Azis, Muh.Andry 2012 Analisa Waktu Tempuh Sepeda Motor Di Jalan Arteri Kota Makassar (Tugas Akhir). Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin; Makassar.

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Maluku Utara, 2014, Data pegawai Negeri Provinsi Maluku Utara.

Dinas Perhubungan Maluku Utara, 2014 Jumlah Angkutan Penyeberangan Di Wilayah Provinsi Maluku Utara Sesuai Trayek.

Simanjuntak E. F, 2009. Analisa Pemilihan Moda Transportasi Bus Angkutan Kota Dan Kereta Api Rute Medan Tanjung Balai Terhadap Kenaikan Harga BBM. (Skripsi) Fakultas Teknik, Universitas sumatera utara.

Miro, F. 2005. Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Erlangga. Jakarta.

Morlock, K, Edward 1985, Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi. Edisi Kedua. Terjemahan Ir. Johan Kelana Putra Hani. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hakim R, Ramli M I, Hamid S, Rahim, M R 2017. Studi penggunaan Moda perjalanan Komuter di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara, prosiding KNTSP Riau Pekanbaru.

Suharsimi Arikunto, (2002), Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Slovic, P., Fischoff, dan Lichtenstein. 1977. Behavioral Decision Theory. Ann. Rev. Psychology.

Tamin O. Z. (2002), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB. Bandung.

Warpani, S, 1990, Merencanakan Sistem Perangkutan, Penerbit ITB, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v4i1.3027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal Of Science And Engineering




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.