ANILISIS TINGKAT KINERJA RUAS JALAN AKIBAT PERUBAHAN KAWASAN PEMUKIMAN MENJADI KAWASAN KOMERSIL PADA RUAS JALAN SULTAN KHAIRUN KOTA TERNATE

Muhammad Rizal, Muhammad Darwis, Erwinsyah Tuhuteru

Abstract


Abstrak

 

Permasalahan lalu lintas yang terjadi di Kota Ternate yang semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk maka bertambah pula jumlah kendaraan yang akan melintasi ruas jalan tersebut terutama di ruas Jalan Sultan Khairun. Jalan Sultan Khairun merupakan ruas jalan yang terdapat berbagai pusat perekonomian yang cukup ramai di sepanjang ruas jalan tersebut akan tetapi sebagian besar tidak memiliki lahan parkir yang cukup sehingga banyak pengunjung melakukan kegiatan On Street Parking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat pengaruh adanya kegiatan perubahan kawasan pemukiman menjadi kawasan komersial terhadap karakteristik kinerja ruas Jalan Sultan Khairun. Metode yang digunakan yaitu gabungan antara survey lapangan dan studi literatur dengan data yang diperlukan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Survey dilakukan selama 7 hari dengan perhitungan menggunakan MKJI 1997.

 

Kata kunci:ac-base, kulit kenari, karakteristik marshall test.

 


References


Daftar Pustaka

Abubakar, I., 2011, Parkir: Pengantar Perencanaan dan Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Penerbit: Transindo Gastama Media. Bandung.

Badan Pusat Statistik (BPS), Provinsi Maluku Utara Dalam Angka Tahun 2020. Ternate.

Basri, A., 2017, Analisis Dampak Parkir Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Sekitar Mall Panakkukang, Skripsi dipublikasikan, Jurusan Teknik Sipil, UIN Alauddin Makassar. Makassar.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1998, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Departemen Perhubungan. Jakarta.

Effendi, Y. K., 2002, Analisa Perparkiran Motor dan Mobil di Fakultas MIPA Universitas Lampung, Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Fakultas Teknik Universitas Khairun, 2008, Panduan Skripsi dan Kerja Praktek Fakultas Teknik, Penerbit Universitas Khairun. Ternate.

Kurniawan, S., dan Sriharyani, L., 2018, Analisis Pengaruh Parkir di Badan Jalan Terhadap Kinerja Jalan Jendral Ahmad Yani Kota Metro (Studi Kasus Depan Pusat Perbelanjaan Swalayan Putra Baru), Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Metro, Vol. 8, No. 1, November 2018: 9-19. Lampung.

Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan.

Republik Indonesia, Undang- Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tamin, O. Z., 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua, Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung, Penerbit: ITB. Bandung.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan.




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v4i2.3937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Rizal, Muhammad Darwis, Erwinsyah Tuhuteru




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.