PEMANFAATAN LIMBAH KULIT KENARI PADA CAMPURAN ASPAL BETON AC-BASE TERHDAP KARAKTERISTIK MARSHALL

Muhammad Darwis, Muhammad Rizal

Abstract


Abstrak

 

Tuntutan kualitas perkerasan aspal beton dalam melayani intensitas berfungsi untuk memberi dukungan lapis permukaan, mengurangi regangan dan tegangan, menyebarkan dan meneruskan beban konstruksi jalan dibawahnya. beban lalu lintas yang berat dan temperatur yang tinggi dan juga pengaruh lingkungan membuat para peneliti di bidang perkerasan jalan biasanya menambahkan material tambahan dan material pengganti ke dalam campuran beraspal panas. bahan pengganti yang digunakan haruslah bernilai ekonomis dan mudah didapatkan Kulit Kenari merupakan suatu bahan yang sangat mudah didapatkan di Indonesia khusunya Indonesia bagian timur dan juga berniali ekonomis. Maka kulit kenari ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif sebagai bahan pengganti pada campuran perkerasan karena kulit kenari mempuyai struktur yang sangat keras dari kedua lapisan kulit lainya.

Kata kunci:ac-base, kulit kenari, karakteristik marshall test.


References


References

S. Yusa Eko Saputro, Kismartini, “Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah,†Indones. J. Conserv., vol. 04, pp. 83–94, 2015.

A. S. Suryani, “( Studi Kasus Bank Sampah Malang ) ( A Case Study of MalangWaste Bank ) Anih Sri Suryani,†Aspirasi, pp. 71–84, 2014.

Badan Pusat Statistik Kota Ternate, “Kota Ternate Dalam Angka 2018,†2018.

J. Sahil, M. Henie, I. Al, F. Rohman, and I. Syamsuri, “Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate,†Bioedukasi, vol. 4, no. 2, 2016.

Kementerian Negara Lingkungan Hidup, “Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, Dan Recycle Melalui Bank Sampah,†2012.

T. Aryenti, Kustiasih, “Kajian Peningkatan Tempat Pembuangan Sampah Sementara Sebagai Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Increasing of Temporary Disposal Site as an Integrated Waste Management,†Permukiman, vol. 8, no. 2, pp. 89–97, 2013.

W. P. Bahtiar, Zulkifli Ahmad, “Sampah Rumah Tangga di Ternate Sampah Rumah Tangga di Ternate,†no. May, 2019.

I. I. R. Endang Wahyuningtyas , Lubena, “model skematik desain bangunan Bank Sampah di Depok Jawa Barat,†vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v4i2.4040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Darwis, Muhammad Rizal




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.