ANALISIS PEMBERIAN AIR IRIGASI PADA DAERAH IRIGASI KOSA KOTA TIDORE KEPULAUAN

Zulkarnain K Misbah, Edward Rizky Ahadian

Abstract


Pemberian air irigasi dari hulu sampai ke hilir memerlukan sarana dan prasarana yang memadai, melalui bendungan, bendung, saluran primer, dan sekunder, Box bagi, bangunan-bangunan ukur, dan saluran tersier serta saluran tingkat usaha tani. Terganggunya atau rusaknya salah satu bangunan irigasi akan mempengaruhi kinerja sistem yang ada, sehingga dapat mengakibatkan efisiensi irigasi menjadi menurun. Dalam Penggunaan air yang efisiensi perlu adanya upaya pemakai air yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan budidaya tanaman dengan jumlah debit air yang tersedia atau yang dialirkan sampai ke lahan pertanian, sehingga pertumbuhan tanaman dapat terjaga dengan baik, dan tercukupi air pengaliranya. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat diskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui jumlah kebutuhan air untuk setiap petak sawah daerah irigasi Kahoho serta untuk mengetahui tingkat efisiensi pengaliran pada saluran tersier irigasi Kahoho Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan. Pada penelitian ini menunjukan bahwa nilai efisiensi pada tiap saluran irigasi yaitu pada Saluran K.3 Tng dengan luasan lahan 82 hektar, yang mempunyai panjang saluran 206 meter, dan dengan debit aktual 32,8 liter/detik, serta mempunyai nilai efisiensi pengaliran 67%. Pada saluran K.3 Ki dengan luasan lahan 103 hektar, dengan panjang saluran 270,7 meter serta debit aktual 111,2 liter/detik, dan nilai efisiensi pengaliran 62%. Serta Pada saluran KT 8 dengan luas lahan 88 hektar, dengan panjang saluran 193 meter, serta memiliki debit aktual 15,3 liter/detik dengan nilai efisiensi pengaliran 33%. Saluran K.3 Tng, K.3 Ki, dan KT 8 yang berada pada irigasi Kahoho Kecamatan Oba memiliki nilai efisiensi pengaliran yang belum sesuai dengan standar perencanaan irigasi. Ini menandakan, nilai efisiensi yang berada pada saluran tersier (K.3 Tng, K.3 Ki, dan KT 8) perlu adanya pengaturan pembagian yang efektif dari bagunan sadap dalam memberikan air pada saluran tersier irigasi kahoho.


Keywords


Kata Kunci: Efisiensi Pemberian Air Irigasi Kahoho, Saluran Tersier, debit air

References


References

Ahmad, Ansori., Anton, Ariyanto, dan Syahroni. 2013. Kajian Efektifitas Dan Efisiensi Jaringan Irigasi Terhadap Kebutuhan Air Pada Tanaman Padi (Studi Kasus Irigasi Kaiti Samo Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu). Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian.

Akmal. Masimin., dan Ella Meilianda. 2014. Efisiensi Irigasi Pada Petak Tersier Di Daerah Irigasi Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Eva, lusiantorowati., Totok, Prawitosari., dan Mahmud, Achmad. 2015. Efisiensi Penyaluran Air Pada Saluran Induk Pekkabata Daerah Irigasi Saddang Utara Kabupaten Pinrang. Program Studi Teknik Pertanian, Universitas Hasanuddin. Makassar.

Ilham, Febriansyah. Besperi., dan Khairul, Amri. 2019. Analisis Efisiensi Penyaluran Air Irigasi Pada Saluran Sekunder Dan Tersier (Studi Kasus Daerah Irigasi Air Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan). Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UNIB.

Kiyotoka, Mori. manual on hydrology.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2006 Tentang Irigasi.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2001 Tentang Irigasi.

Pri, Susanto. 2018. Studi Optimasi Pemberian Air Irigasi Dengan Sistem Irigasi Rotasi Terhadap Sistem Irigrasi Terus Menerus Guna Meningkatkan Intensitas Tanam Daerah Irigasi Plosowareng Kabupaten Klaten. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Widya Dharma. Klaten.

Profil Wilayah Kota Tidore. 2016 – 2020.

Ricka, Aprianti., Dinomo, Besperi., dan Muhammad, Fauzi. 2019. Analisis Efisiensi Pada Saluran Tersier Daerah Irigasi Air Alas Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UNIB.

Said, Ar. Assagaf., Charles, Silahooy., Pieter, J. Kunu., Silwanus, Talakua., dan Rudi, Soplanit. 2016. Efisiensi Pemberian Air Pada Jaringan Irigasi Way Bini Kecamatan Waeapo Kabupaten Buru Provinsi Maluku. Fakultas Pertanian Universitas Pattimura.

Wahyu, Tri, Cahyono., Yosef, Cahyo., dan Sigit, Winarto. 2013. Studi Efisiensi Pemberian Air Irigasi Pada Desa Grompol, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri (Studi kasus di saluran sekunder BPP I Gampengrejo Kediri). Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Kediri.




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v5i1.4221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zulkarnain K Misbah, Edward Rizky Ahadian




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.