ANALISIS KINERJA DEVELOPER TERHADAP KEPUASAN PENGHUNI PADA PERUMAHAN DAGYMOI GREEN VILLAGE TERNATE

Edward Rizky Ahadian, Zulkarnain K. Misbah, M. Taufiq Yuda S

Abstract


Pertambahan jumlah penduduk di Kota Ternate berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan terhadap tempat tinggal baik perumahan ataupun non perumahan. Para pelaku bisnis properti seperti developer atau pengembang perumahan perlu memanfaatkan peluang ini secara optimal untuk bersaing merebut pasar. Kebutuhan dan keinginan konsumen atau penghuni harus mampu dipenuhi oleh developer, sehingga penghuni dapat memperoleh kepuasan dari membeli rumah yang ditawarkan. Kinerja dari pengembang perumahan dapat terlihat dari kepuasan konsumen yang akan mempengaruhi tingkat penjualan di masa sekarang maupun yang akan datang. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data dengan kuisioner (angket) dengan objek penelitian adalah penghuni Perumahan Dagymoi Green Village Soa Puncak di Kota Ternate. Analisis yang digunakan yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil perhitungan CSI diperoleh indeks kepuasan penghuni perumahan Dagymoi Green Village Ternate  berada pada kategori cukup puas dengan nilai CSI sebesar 63,56%. Pada analisis IPA sebagian besar variabel yaitu 30 variabel yang masuk kategori pertahankan prestasi (keep up the good work), 18 variabel masuk kategori prioritas rendah (low priority) dan 3 variabel yang masuk kategori berlebihan (overkill) yaitu variabel yang dianggap tidak begitu penting dalam pemenuhan penghuni perumahan namun penghuni perumahan menerima lebih dari yang diharapkan atau pelaksanaannya sangat baik sehingga tidak menjadi prioritas.


Full Text:

PDF

References


Alvaris Edward, P. dkk. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Griya Paniki Indah Manado. EMBA, 5, 1315-1326.

Duwi, B. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Dengan Menggunakan Metode CSI dan IPA. Skripsi. Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Fahrizal, Y. 2018. Analisis Kepuasan Penghuni Apartemen Mediterania Garden Residence 2 Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Skripsi. Jakarta. Universitas Mercu Buana.

Joice, J. 2015. Analisis Kepuasan Penghuni Perumahan Griya Paniki Indah Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 5, 305-314.

Indah Ria, R. dkk. 2015. Analisis Kinerja Developer Terhadap Kepuasan Penghuni Perumahan Di Kota Malang. JURNAL REKAYASA SIPIL, 9, 115-120.

Novrial, F. I. 2019. Analisis Kepuasan Penghuni Terhadap Fasilitas Umum Perumahan Masnida Estate di Kecamatan Medan Selayang. IPLBI.

Prasojo, W. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Penghuni Pada Hunian Rumah Susun ditinjau Terhadap Kualitas Bangunan di Wilayah Surabaya. Rekayasa Teknik Sipil, 3, 54-62.

Rizki, A. 2018. Analisa CSI (Customer Satisfaction Index) Mandheling Coffe di Kota Medan. Skripsi. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Rudika, H. 2012. Analisis Faktor Pelayanan, Fasilitas, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Penghuni Perumahan Permata Puri Ngalian Semarang. STIE Semarang, 4, 1-8.

Siska, S. 2018. Analisa Indeks Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Hotel Internasional Sibayak Berastagi. Skripsi. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Syahrit, R. Mardwi, R. 2017. Pengaruh Kondisi Perumahan Terhadap Kepuasan Penghuni Di Perumahan Grand Tembalang Regency Semarang. Jurnal Pengembangan Kota, 5, 69-77.

Timoticin, K. et al. 2001. Analisis Kepuasan Penghuni Perumahan Sederhana Di Denpasar Berdasarkan Faktor Lokasi, Prasarana,Sarana, Kualitas Bangunan, Desain Dan Harga. DIMENSI TEKNIK ARSITEKTUR, 2, 117-125.

Tri, M. 2013. Studi Exploratif Tingkat Kepuasan Penghuni Terhadap Kondisi Bangunan Perumahan Ayodya Bersemi 2 Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Widya Ika, E. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Jepang Saboten Shokudo Malang. Skripsi. Malang. Universitas Brawijaya.

Wirdha, P. 2015. Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Bengkel Dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis) di PT. Arina Parama Jaya Gresik. JTM, 3, 54-63.




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v5i2.5180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Edward Rizky Ahadian




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.