STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN BENDUNG BINAGARA KECAMATAN WASILE SELATAN KABUPATEN HALMAHERA TIMUR

Zulkarnain K. Misbah, Edward Rizky Ahadian, Erwinsyah Tuhuteru

Abstract


Abstrak

Bendung adalah suatu bangunan yang dibuat dari pasangan batu kali, bronjong atau beton, yang terletak melintang pada sebuah sungai yang tentu sa ja bangunan ini dapat digunakan pula untuk kepentingan lain selain irigasi, seperti untuk keperluan air minum, pembangkit listrik atau untuk pengendalian banjir. Di Desa Binagara Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur terdapat bendung yang sudah dibangun untuk digunakan warga untuk mengairi sistem irigasi setempat yang bersumber dari sungai. Namun, pengambilan air yang direncanakan kurang efektif dikarenakan kerusakan yang terjadi terhadap tubuh bendung dan meningkatnya debit air di sungai. Kemudian dibangun bendung baru untuk mengairi irigasi di daerah ekor. Melihat pembangunan ini dan kaitannya dengan kebutuhan air untuk irigasi yang sudah tidak mencukupi maka penulis akan mengkaji lebih lanjut lagi untuk meneliti alternatif perencanaan bendung tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dimana peneliti melakukan observasi dan survey di lokasi penelitian. kondisi dan hal-hal lainnya yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Dari perhitungan dan pembahasan penelitian yang berjudul “Alternatif Perencanaan Bendung Ekor Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur†maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Debit banjir rencana yang didapatkan dari perhitungan metode Haspers adalah 217,13 m3/dt. Bentuk mercu yang digunakan adalah mercu bulat dengan jari-jari mercu adalah 1 m, dan dengan tinggi 2 m. Dengan dimensi tubuh bendung lebar 12 m & panjang 8 m, lantai muka bendung panjang 8 m, kolam olak USBR I dengan panjang 12 m, dan lindungan rip-rap panjang 4 m dengan tebal 1,5 m.


Keywords


Bendung, irigasi, alternatif perencanaan

Full Text:

PDF

References


References

. Direktorat Jendral Departemen Pekerjaan Umum. 2010. Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama KP – 02. Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum : Jakarta.

. Direktorat Jendral Departemen Pekerjaan Umum. 2010. Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bagian Parameter Bangunan KP – 04. Badan Pernerbit Departemen Pekerjaan Umum: Jakarta.

. Direktorat Jendral Departemen Pekerjaan Umum. 2010. Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bagian Parameter Bangunan KP – 06. Badan Pernerbit Departemen Pekerjaan Umum: Jakarta.

. Eman, Marwadi. 2010. Desain Hidrauik Bendung Tetap untuk Irigasi Teknis. ALFABETA: Bandung.

. Endang Pipin, Tachyan dkk. 2011. Dasar-dasar dan Praktek Irigasi. ERLANGGA : Jakarta.

. I Made, Karmiana. 2011. Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air. Graha Ilmu : Yogyakartaâ€.

. Mochammad, Zufrisal. 2013. Studi Perencanaan Bendung Daerah Irigasi Balansai Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku. Jurnal Sipil Pengairan No.47. Universitas Brawijaya.

. Richard Vicky, Mangore. 2013. Perencanaan Bendung untuk Daerah Irigasi Sulu. Jurnal Sipil Statik. No.1 Vol.7 : 533 - 534 . Universitas Sam Ratulangi Manado




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v5i2.5401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zulkarnain K. Misbah, Edward Rizky Ahadian, Erwinsyah Tuhuteru




Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.