EVALUASI LAJU PRODUKSI MINYAK PADA SUMUR X STUDY PADA PT. CITIC SERAM ENERGY LIMITED, KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR, PROVINSI MALUKU

Syarifullah Bundang

Abstract


Minyak dan gas bumi merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap Negara. Indonesia merupakan negara penghasil minyak dan gas bumi namun belum mampu memenuhi kebutuhan minyak nasional, sehingga pemerintah harus mengimpor untuk mencukupi kebutuhan bahan bakar minyak, seperti pada tahun 2010 impor minyak mencapai 64 ribu kilo liter perharinya. Seiring berjalannya waktu produksi minyak dan gas bumi yang dihasilkan akan menurun disebabkan beberapa sumur yang semakin tua atau (mature field) dan ketika tekanan reservoir akan semakin rendah maka mengakibatkan menurunnya kapasitas produksi formasi. Tekanan dan kedalaman sumur sangat berpengaruh terhadap produksi minyak bumi yang dihasilkan. Selain itu siklus hidup sumur juga sangat penting diperhatikan untuk mendapatkan minyak bumi yang banyak. Berdasarkan observasi pada 28 sumur diantaranya sumur X mengalami penurunan jumlah produksi. Untuk itu solusi agar meningkatkan laju produksi minyak secara optimal dilakukan dengan menggunakan pemasangan artificial lift. Metode yang digunakan untuk menghitung laju alir produksi pada sumur X adalah kurva IPR 2 fasa metode vogel dan menentukan jenis electrical submersible pump menggunakan skenario perencanaan artificial lift. Hasil analisis kurva IPR vogel pada sumur X didapatkan laju alir produksi (qmaks) 223.172 bfpd dengan Water Cut Sebesar 72%.

Kata kunci: minyak bumi, sumur produksi, artificial lift, metode vogel.


Keywords


minyak bumi, sumur produksi, artificial lift, metode vogel.

Full Text:

79 - 83

References


Irianto, N. P., Fathaddin, M. T. dan Husla, R.”Evaluasi Performa Produksi Sumur Pada Struktur Nad Dengan Menggunakan Metode Chan’S Diagnostic Plot Dan Decline Curve Analysis, Petro, 7(3), p. 119. doi: 10.25105/petro.v7i3.3818, 2019.

W.C. Prameswari, D.Susilaningrum & Suhartono, ‘Pemodelan Produksi Minyak Dan Gas Bumi Pada Platform “ Mk ” di Pt X Menggunakan Metode Arima , Neural Network , dan Hibrida Arima- Neural Network, Jurnal Sains & Seni, Vol. 5, No.2, pp. 378–383, 2016.

Musnal, A.‘Mengatasi Kerusakan Formasi Dengan Metoda Pengasaman Yang Kompetibel Pada Sumur Minyak Dilapangan X’, Journal of Earth Energy Engineering, 2(2), pp. 1–7. doi: 10.22549/jeee.v2i2.933, 2013.

Rizal, M. dan Gunawan, Y,‘Peningkatan Produktivitas Perawatan Sumur Melalui Faktor-Faktor Dominan’, 12(2), pp. 125–135, 2018.

Hidayat, Z. I. ‘Pengelolaan dan Proses Instalasi Perawatan Air Limbah dalam Pembersihan Minyak dan Gas dengan Menggunakan Separator dan Scrubber di Lapangan “X”’, Jurnal Offshore: Oil, Production Facilities and Renewable Energy, 2017.

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers.




DOI: https://doi.org/10.33387/josae.v6i2.7006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syarifullah Bundang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal PoliciesSubmissionsPeople
 Information



Editorial Office :
Journal Of Science and Engineering
Fakultas Teknik. Universitas Khairun
Jl. Jusuf Abdulrahman Kotak Pos 53 Gambesi, Kota Ternate, Indonesia
.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.