DesainDanUjiCobaMediaPembelajaranBerbasisCongklakUntuk MotivasiDanHasilBelajarSis Meningkatkan waKelasXSMAITAlbinaKotaTernatePadaMateri KonfigurasiElektron

Sumiyati Sabar, Deasy Liestianty, Khadijah Khadijah, merlin merlin, Nurul Aulia Rahman

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran pada materi konfigurasi elektron. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis congklak dan mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah reseach and development (R & D) menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan penelitian yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru kimia dan siswa kelas X SMA IT Albina Kota Ternate . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kevalidan media yang dikembangkan menggunakan lembar validasi ahli materi dan media, untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan menggunanakan soal pretest dan posttest serta angket motivasi dan untuk mengetahui kepraktisan media yang dikembangkan menggunakan angket respon guru dan siswa. Analisis data yang digunakan berupa rumus persentase, analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS. Hasil analisis diperoleh persentase kevalidan yaitu 98.21% yang termasuk kategori sangat valid, persentase keefektifan yaitu 73.0313% termasuk kategori sangat efektif, persentase kepraktisan respon guru yaitu 97.62% dan respon siswa yaitu sebesar 95.44% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Sehingga diketahui media yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci:              

Media berbasis pembelajaran congklak, Motivasi; Hasil belajar

Abstract

This research is motivated by the lack of variation in the use of learning media on electron configuration material. The purpose of this study is to produce congklak-based learning media and to determine the validity, effectiveness and practicality of the media developed. This type of research is research and development (R & D) using the ADDIE development model, with research stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The sample in this study were chemistry teachers and class X students of SMA IT Albina Ternate City. The instruments used in this study to determine the validity of the media developed using expert validation sheets for material and media, to determine the effectiveness of the media developed using pretest and posttest questions and motivation questionnaires and to determine the practicality of the media developed using teacher and student response questionnaires. Data analysis used in the form of percentage formulas, descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using SPSS. The results of the analysis obtained a percentage of validity of 98.21% which is included in the very valid category, a percentage of effectiveness of 73.0313% which is included in the very effective category, a percentage of practicality of teacher responses of 97.62% and student responses of 95.44% which is included in the very practical category. So it is known that the media developed can be used in the learning process.

Congklak learning-based media, Motivation,Learning outcomes


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrianto, D., & Sumiyati, L. S. L. P. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Berbasis Video Animasi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 1(2). 23-28

Astuti, N. D., & Muna, L. N. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Congklak Pada Materi Konfigurasi Elektron Untuk Peserta Di SMA/MA. Lantanida Journal, 10(2), 159-171.

Budiariawan, I. P, (2019) Hubunga motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran kimia. jurnal pendidikan kimia Indonesia. 3(6). 56-65

Gustiany, T. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Berhitung Penjumlahan melalui Permainan Congklak Modifikasi pada Siswa Cerebral Palsy. Jurnal Pendidikan. 1(6). 34-49

Isfa, F. (2019). Pengembangan Media Congklak Pada Materi Konfigurasi Elektron di MAN 6 Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Iswinarti. 2010. Nilai-Nilai Terapiutik Permainan Tradisional Engklek pada Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Mulyani, S. (2013). Permainan Tradisional Anak Indonesia. Langensari: Publishing.

Putri, S. N. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Larutan Buffer Menggunakan Instrument Test Diagnostic Four-Tier (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Rahman,

Sunarti. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rozaq, Mukhamad Nufal.,Herlambang Admaja Dwi & Wijoyo, Santrio Hadi. 2022. Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terdapat Hasil Belajar secara Daring pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan si SMK PGRI 1 Kota Pasuruan. Jurnal pengembangan Teknologi Informasih dan Ilmu Komputer. 6(7). 67-80

Sari, R. A, Saputro, S dan Catur, A. N.(2014). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog untuk Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia. 5(7). 7- 15. Supriadi, J., Fadhilah, R., & Kurniati, T. (2022). Pengembangan media lego untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di sekolah menengah




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v5i1.10099

 
  

 

Journal NameJurnal Pendidikan Kimia Unkhair(JPKU)
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherProgram Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Khairun
AddressJalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara, Indonesia
CountryIndonesia
Emailjpku@unkhair.ac.id / jpkunkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/jpku/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/jpku

 

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.