Pengaruh Penggunaan Molymod terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII-IPA di MAS Nurul Huda Dowora pada Materi Senyawa Karbon

Ariyanti Soleman, Deasy Liestiyanti, St Hayatun Nur Abu, Ahmad Muchsin Jayali

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan molymod, besar pengaruh penggunaan molymod serta mengetahui respon peserta didik terhadap molymod pada materi senyawa karbon terhadap hasil belajar siswa kelas XII-IPA MAS Nurul Huda Dowora Kota Tidore Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar angket respon siswa dan guru. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa penggunaan molymod dapat meningkatkan hasil belajar siswa tetapi dengan interpretasi rendah. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis menggunakan SPSS 21.0 dengan uji wilcoxon signed rank test diperoleh nilai Asymp.sig.(2-tailed) sebesar 0,01 (p)< 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Pad uji wilcoxon diperoleh mean rank atau rata-rata peningkatannya sebesar 7,19 dengan interpretasi rendah. Angket respon siswa dan guru memperoleh hasil rata-rata angket sebesar 83,98% dan 78,3% dengan kategori tertarik.

 

Kata Kunci :       

Hasil Belajar Siswa, Molymod, Senyawa Karbon

Abstract

 

This research was conducted with the aim of knowing the effect of using molymod, how much influence the use of molymod had, and knowing the response of student to molymod on carbon compouns on the learning outcomes of students in class XII-IPA MAS Nurul Huda Dowora City of Tidore Islands. This type of research is a quasi-experimental research with the instruments used are test questions, student and teacher response questionnaire sheets. The data analysis technique used is descriptive and inferential statistical analysis techniques. Based on data analysis, the key is that the use of molymod can improve student learning outcomes but with low interpretation. This is in accordance with the results of hypothesis testing using SPSS 21.0 with the wilcoxon signed rank test, the Asymp.sig. (2— tailed) value of 0.01 (p) <0.05 is accepted, then Ha is accepted and H0 is rejected. In the wilcoxon test, the mean rank or average increase is 7.19 with a low interpretation. Questionnaire responses from students and teacher obtained an average questionnaire result of 83.98% and 78.3% in the interested category.

 

Keywords:

Learning Outcomes, Molymod, Carbon Compounds. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


J. Prianto. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kimia Interaktif Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi Kelas XI IPA SMAN 5 Mataram. 6–7.

Pramita, A., & Agustini, R. 2016. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sisw a. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 336– 344.

Sandi, F., Rumape, O., & Mohamad, E. 2016. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Tilamuta. 11, 161–167.

Sholahuddin A. 2002. Implementasi Teori Ausebel pada Pembelajaran Senyawa Karbon. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 39.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v2i1.5019

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.