Pengaruh Penggunaan Flashcard Sistem Periodik Unsur Terhadap Daya Retensi Peserta Didik SMA Kelas X

Elsa Sriwahyuni, Fadlan Muin, Abdul Rasid Saraha, Zulkifli Zam Zam

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran yaitu flashcard sistem periodik unsur terhadap daya retensi peserta didik kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, yang dilakukan di SMA N 1 Kasihan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian pangkat eksponensial kelas kontrol (-0,0169x) lebih besar dari pangkat eksponenensial kelas eksperimen (-0,0067x). Ini berarti penurunan daya retensi pada kelas kontrol lebih besar jika dibandingkan dengan kelas eksperimen. Artinya, dapat disimpulkan bahwa penggunaan flashcard sistem periodik unsur dapat memperkecil penurunan daya retensi peserta didik.

Kata kunci: daya retensi, flashcard, sistem periodik unsur

Abstract

This study aims to analyze the effect of the use of learning media, namely the periodic system of elements flashcard on the retention power of class X SMA students. The research method used is a quasiexperimental method conducted at SMA N 1 Kasihan, Kab. Bantul, Special Region of Yogyakarta. The results of the study showed that the exponential power of the control class (-0.0169x) was greater than that of the experimental class (-0.0067x). This means that the decrease in power retention in the control class is greater when compared to the experimental class. That menas that the use of the periodic system of elements flashcard cannot reduce the students' retention power.

Keywords: flashcard, periodic system of elements, retention


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Referensi

Bugelski, B.R. (1964). The Psychology of Learning Applied to Teaching. New York: The Bobbs-Merril Company, Inc.

Deese, J. (1958). The Psychology of Learning (2nd ed). New York: McGraw- Hill Book Company, Inc.

Deese, J. (1964). Principle of Psychology. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Ramdhani, I.M. (2015). Pengembangan Flashcard Sistem Periodik Unsur Untuk Meningkatkan Retensi Daya Ingat Peserta Didik Disabilitas Pendengaran di SMA. Jurnal Inklusi, 2(2), 243-258

Sari, W.S., Melati, H.A., & Sartika, R.P. (2018). Deskripsi retensi siswa kelas x sma negeri 1 nanga taman pada Materi perkembangan teori atom. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: Khatulistiwa, 7(10), 1-11

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Wijayanti, M.T. (2021). Pengembangan Permainan Element Go Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Konfigurasi Elektron Yang Mempengaruhi Retensi Peserta Didik. PENDIPA: Journal of Science Education, 5(3), 269-276.

Zakiyatun, C., Cawang., & kurniawan, R.A. (2017). Pengaruh Media Peta Konsep dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar dan Daya Ingat Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2), 159-168.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v2i1.5030

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.