Penerapan Media Animasi Berbasis Videoscribe Pada Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Halmahera Selatan
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan media animasi berbasis videoscribe terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Design tipe One Group Pretest-posttest. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis, kemudian dilakukan uji gain. Hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung (16,832) ≥ ttabel (1,717). Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media animasi berbasis videoscribe dinyatakan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan menunjukan peningkatan kognitif siswa dengan N-Gain 0,3 yang berkategori sedang.
 Kata Kunci :   Â
Media Animasi berbasis videoscribe, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Â
Abstract
Â
This study aims to determine whether there is an influence and how much influence the application of videoscribe-based animation media on the learning outcomes of class X students on electrolyte and non-electrolyte solution material. The research method is an experimental research design with Pre-experimental Design type One Group Pretest-posttest. The analysis technique used is descriptive test, normality test, and hypothesis testing, then the gain test is carried out. The results of hypothesis testing state that Ho is rejected and Ha is accepted because tcount (16.832) ≥ ttable (1.717). Based on the results of the research analysis, it can be concluded that the application of videoscribe-based animation media has an effect on student learning outcomes and shows an increase in students' cognitive abilities with an N-Gain 0.3 which is categorized as moderate.
Â
 Keywords:
Videocsribe Based Animation Media, Electrolyte dan Non Elecrolyte SolutionsÂ
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adnyana, Gede Putra. 2013. “Video Eksperimen Dan Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia.†Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 46(3): 266–77.
Damayanti, Almira Eka, Imam Syafei, Happy Komikesari, And Resti Rahayu. 2018. “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Berbasis Android.†01(1): 63–70.
Imamah, Nurul, dan Ahmad Ma’ruf. 2018. “Pengaruh Penerapan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Aqidah Akhlaq Di Mts Darul Ulum Purwodadi.†Jurnal Pendidikan Agama Islam 4: 87–99.
Maksudi, Hery, Ono Wiharna, dan Dedi Rohendi. 2016. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Starter Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Smk.†3: 183–88.
Pradilasari, Lia, Abdul Gani, dan Ibnu Khaldun. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Sma.†Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 7(1): 9–15.
Sugiyono, Dr. Prof. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatiif Dan R&D. 28th Ed. Bandung: Alfabeta.
Syafi’i, Ahmad, Tri Marfiyanto, dan Siti Kholidatur Rodiyah. 2018. “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi.†2: 115–23.
Utami, Diah Ayu Puti, And Naniyek Sulistya Wardania. 2020. “Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sd.†13.
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v1i2.5087
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.