Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 37 Halmahera Selatan Pada Materi Hukum Dasar Kimia

Arsyad -, Sudir Umar, Nur Asbirayani Limatahu

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 37 Halmahera Selatan pada materi Hukum Dasar Kimia dan besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 37 Halmahera Selatan pada materi hukum dasar kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 37 Halmahera Selatan pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 38 siswa yang terbagi kedalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah sampel penuh atau total, dengan jumlah sampel 20 siswa. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay yang berjumlah 10 item yang digunakan untuk menghitung hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS for windows versi 21.0. Hasil uji Hipotesis dalam penelitian ini diperoleh sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05, thitung > ttabel atau 16,445 > 1,729 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari nilai gain 0,69 (kategori sedang)..

 

Kata Kunci :       

Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Hukum Dasar Kimia, Statistik Inferensial

 

Abstract

 

This study was conducted to determine the effect of the guided inquiry learning model on the learning outcomes of class X SMA Negeri 37 Halmahera Selatan on the subject of Basic Law of Chemistry and the influence of the guided inquiry learning model on the learning outcomes of class X students of SMA Negeri 37 Halmahera Selatan on the basic law material of chemistry. This type of research is experimental research using One Group Pretest-Posttest research design. The population in this study were all students of class X MIA SMA Negeri 37 Halmahera Selatan in the academic year 2021/2022, totaling 38 students who were divided into 2 classes. The sampling technique used is the full or total sample, with a sample of 20 students. The test instrument used in this study was in the form of essay questions totaling 10 items which were used to calculate students' cognitive learning outcomes. Data analysis techniques are descriptive statistical analysis techniques and inferential statistical analysis using SPSS for windows version 21.0. The results of the hypothesis test in this study obtained sig < 0.05 or 0.000 < 0.05, t count > t table or 16.445 > 1.729 then Ha is accepted and Ho is rejected. The influence of the guided inquiry learning model on student learning outcomes is obtained from the gain value of 0.69 (medium category).

 Keywords:

Learning Outcomes, Guided Inquiry, Basic Laws of Chemistry, Inferential Statistics

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul, L., Laliyo, R., Gorontalo, U. N., Kilo, J. La, Gorontalo, U. N., Kilo, A. La, & Gorontalo, U. N. (2020). Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Hukum-Hukum Dasar. June. https://doi.org/10.29406/ar-r.v8i1.1875

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Budi,S,Hermawan, dkk (2017). Peningkatan aktifitas dan hasil belajar dengan metode problem basic learning (pbl) pada mata pelajaran tune up motor bensin siswa kelas xi di smk insan cendekia turi sleman.5,40-44

Damayanti, M., & Jirana. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Tinambung. 1, 47–53.

Fakhrurrazi . (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif.11(1).85-97

Firmansyah,D.(2015). Pengaruh strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika.3(1).34-44

Fitriatun, R. A., Validitas, A., Butir, D. A. N., & Latihan, S. (2013). Akuntansi the analysis of validity , reliability , and item of try out in the. 3, 1–11.

Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon pada kelas xi pmipa sman 1 woha tahun The Influence of Guided Inquiry Learning Model on The Learning Results of Chemistry Learning Materials in Class XI PMIPA SMAN 1 Woha Academic Year.https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1450

Haryanti dan Wiyarsi, A. 2017. Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Temon. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017.

Jauhar. 2011. Pengaruh hasil belajar siswa terhadap materi kalor. Jakarta : Balai

Pustaka

Juwita, R. 2017. Buku Elektronik Kimia Dasar. Sumatra Barat : STIKIP PGRI.

Magdalena,I.,dkk.(2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan.2(1).133-139

Mahananingtiyas, Elsinora. 2017. Hasil Belajar Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Melalui Pneggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV.

Marliani N,dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Science, Tehconologi, Society, Environment (STSE) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di MAS Jeumala Amal. Jurnal EduBio Tropika, Vol. 5 No.1.

Marsantika dan Zulfajri, M. 2017. Efektivitas peningkatan pemahaman siswa terhadap materi sistem Koloid dengan menggunakan model pembelajaran partner swith. Jurnal Edukasi Kimia. 2(1),72-78.

Mentari, L., Suardana, I. N., & Subagia, I. W. (2014). Untuk materi larutan penyangga. 2, 76–87.

Nasution, M. 2017. Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah. Volume 14, No.1, Januari-Juni 2017. ISSN : 1829-8419.

Nidawati.(2013). Belajar dalam perspektif psikologi dan agama.1(1).13-27

Pane ,A,dkk. (2017). Belajar dan pembelajaran.03(2), 333–352.

Putri, R. F., & Suharto, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Koloid Application Of Guided Inquiry Model On Student Learning On Coloid Materials. 3(2), 47–54.

Priyatno. 2009. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi

Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta : Kencana Perdana Media

Group.

Qadar, R. dkk. 2015. Mengakses Aspek Afektif dan Kognitif pada pembelajaran Optika dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif. Jurnal Inivasi dan Pembelajaran Fisika, Volume 2. No.1. Mei 2015.

Sayani, E., & Sutiani, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pertanyaan Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Laju Reaksi. 97–103.

Silaban, R., Tarigan, dkk. (2018). Analisis hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning bermedia powerpoint melalui pendekatan. 6(3), 110–119.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulasri, S. dkk. 2015. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) menggunakan Media Laboratorium Riil dan Laboratorium Virtual ditinjau dari kemampuan awal dan interaksi Sosial Siswa. Jurnal Inkuiri. Vol,4. No.3, 2015.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan (pendekatan Kunatitatif, Kualitatif,dan R & D ). Bandung : Alfabeta.

Sumarni, S., dkk (2017). Model Pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di sma (studi pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan ) the effect of guided inquiry learning model to the cognitive achievement of students in sma negeri 01 manokwari (studies on the subject solubility and solubility product) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif. 5.

Wahyuni, R., & Taufik, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016 / 2017. II(4).

Yusup.,F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Program Studi Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.(Vol.7.No1).




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v1i2.5095

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.