Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pulau Morotai Pada Materi Ikatan Kimia
Sari
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Pulau Morotai Pada Materi Ikatan Kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA berjumlah 24 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 21.0. Uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji paired T-Test diperoleh nilai signifikan dalam penelitian ini yaitu thitung > ttabe (t hitung = 11,481 >Â tabel = 1,782). Sehingga menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learnig) terhadap hasil belajar siswa
 Kata Kunci :   Â
Model pembelajaran bebasis masalah, Hasil Belajar, dan Ikatan Kimia
Abstract
 This research was conducted to determine the effect of Problem Based Learning Model on the Learning Outcomes of Class X Students of SMA Negeri 2 Morotai Island on Chemical Bonding Materials. The type of research used is experimental research with aresearch one-group pretest-posttest design. The population in this study were students of class X IPA totaling 24 students with a sampling technique that is saturated sampling. The instrument used in this study was an essay question of 10 numbers. The data obtained were then analyzed using SPSS 21.0. Hypothesis testing of student learning outcomes using the paired T-Test test obtained a significant value in this study, namely tcount >  ttable (tcount = 11.481 > ttable = 1.782). So that it shows that there is an effect of problem based learning on student learning outcomes.
 Keywords:
Problem-based learning model , Learning Outcomes, and Chemical Bonds
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Referensi
Adawia, R., Side, S & Alimin. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Model Pembelajaran Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas MS SMA Negeri 3 Laumaros Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia. Jurnal Chemica.15 (2) : 66-76.
A.Haris Watoni, dkk. (2016). Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI. Bandung: Yrama Widya
Amelia Anita, dkk. (2018). Efektivitas Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Lancar Pada Materi Larutan Penyangga. Lampung : Fkip Universitas Lampung.
Arends, Richhard I. (2013). Learning to Teach :Belajar Untuk Mengajar (terjemahkan Made Frida Yulia) Edisi ke Sembilang. Jakarta : Salemba Humanika
Arifin Zaenal. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics). 2(1): 28-36.
Arikunto.(2006). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara. Arsyad Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo
Asmara, dkk. (2015). Penilaian Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Materi Kimia Unsur Menggunakan Mind Map Di Kelas XII IPA. Lantanida Journal. 3(1).
Aziz Azmi, Joni Rokhmat & Kosim. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sman 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 1(3):200-204.
Beddu, A.T., Sabam,S.M &Ningsih, P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL Terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 7 Palu Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Akademika kimia. 7 (1) : 1-5.
Carisma Medan Adelia & Novita Dian. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kristis Pada Materi Pokok Laju Reaksi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Journal of Chemisttry Education. 6(1): 111-117.
Darmawati siti. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Materi Ikatan Kimia. Jurnal Muara Pendidikan. 4 (1) : 201-206.
Darmawan Ayub & Sujoko Edy. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Satya Widya. 29(1):30-39.
Effendi Ramlan. (2015). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(1): 72-78.
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v1i1.5273
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.