Design dan Development Flashcard Sistem Periodik Unsur untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMA

Elsa Sriwahyuni, Indyah Sulistyo Arty

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak diguanakan pada pokok bahasan Sistem Periodik unsur. Media pembelajaran yang dimaksud adalah flashcard. Flashcard dalam penelitian ini disebut sebagai flashcard sistem periodik unusur. Flashcard sistem periodik unusur dikembangkan berdasarkan indikator pencapaian kompetensi yaitu meganalisis hubungan konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik unsur. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yaitu difokuskan pada tahap Design dan Develop. Penilaian kelayakan flashcard sistem periodik unusur berdasarkan (1) aspek kegrafikaan, (2) aspek fungsi sebagai media pembelajaran dan 3) aspek penyajian. Penilaian kelayakan ketiga aspek tersebut dilakukan oleh validator ahli (dosen) dan validator pengguna (teman sejawat, guru dan peserta didik). Berdasarkan penilaian kelayakan dari tiga aspek (kegrafikaan, fungsi sebagai media pembelajaran, dan penyajian) oleh validator ahli dan pengguna, dapat disimpulkan bahwa flashcard sistem periodik unusur memenuhi kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Flashcard, Sistem Periodik Unsur

Abstract

This study aims to produce a suitable learning media for Periodic System of elements. The learning media is flashcards. The flashcard in this study is referres to the element periodic system flashcard. The element periodic system flashcard was developed based on indicators of competency achievement, namely analyzing the electron configuration relationship to determine the location of the element in the periodic table of elements. This research is part of research and development with the ADDIE model, which is focused on the Design and Development phase. The assessing the feasibility of the element periodic system flashcard based on (1) the graphic aspect, (2) the function aspect as a learning media and 3) the presentation aspect. The feasibility assessment of the three aspects is carried out by expert validators (lecturers) and user validators (colleagues, teachers and students). Based on the feasibility assessment of three aspects (graphics, functions as learning media, and presentation) by expert validators and users, it can be concluded that the element periodic system flashcard meets the very feasible category for use in learning

Keywords: Flashcard, Elements Periodic System


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Referensi

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawai Pers.

Latuheru, J. D. (1988). Media Pembelajaran:

Dalam Proses Belajar Mengajar

Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.

Munandi, Y. (2008). Media Pembelajaran: Sebuah Pendektan Baru. Jakarta: Garuda Persada Press.

Nafi’ah, C. (2008). Media Pembelajaran Isomeri Gugus Fungsi yang Sederhana Namun Efektif. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Kimia, Universitas Gajah Mada.

Sadiman, A. S., et al. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawai Pers.

Sriwahyuni, E. (2021). Studi Pendahuluan

Pengembangan Flashcard Sistem Periodik Unsur

pada Pembelajaran Kimia Kelas X SMA. Jurnal

Pendidikan Kimia Unkhair, 1(1), 42-45.

Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur 6(4), 76-84.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Wibawa, B., & Mukti, F.(1991). Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Widoyoko, E.P. (2012). Teknik Penyusunan

Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v1i2.5397

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.