PENGARUH MODEL PROBLEM POSING BERBANTUAN FLIP PDF PROFESIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SANANA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

Rahmatia Umamit, Siti Hayatun Nur Abu, Deasy Leastianty

Sari


Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing dengan berbantuan media pembelajaran flip pdf profesional terhadap hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik porposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay dengan jumlah soal sebanyak 10 nomor untuk mengukur hasil belajar siswa pada hasil belajar serta angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media flip pdf profesional. Teknik analisis terhadap nilai pretest dan posttest pada hasil belajar siswa yang digunakan uji one-sample klomogorof smirnof test menggunakan SPSS 16.0. Uji hipotesis dihitung menggunakan analisis (paired sampel t-test) dengan taraf signifikasi 16,148 > 1,729 atau H0 ditolak Ha diterima. Hasil analisis angket tanggapan siswa diperoleh tingkat persetujuan siswa sebesar 79,9% dengan kategori tertarik.

Kata Kunci :

model problem posing, flip pdf profesional, Hasil Belajar

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the problem posing learning model with the help of professional flip pdf learning media on the learning outcomes of class X students. This study was an experimental study with a one group pretest posttest design. The sample of this study amounted to 20 students by using a porposive sampling technique. The instrument used in the study was an essay test with a total of 10 questions to measure student learning outcomes on learning outcomes and a questionnaire to determine student responses to professional flip pdf media. The analysis technique of the pretest and posttest scores on student learning outcomes used the one-sample Klomogorof Smirnof test using SPSS 16.0. Hypothesis testing was calculated using analysis (paired sample t-test) with a significance level of 16.148 > 1.729 or H0 was rejected. Ha was accepted. The results of the student response questionnaire analysis obtained a student approval level of 79.9% in the interested category

Keywords: Problem Posing Model, Professional Flip Pdf, Learning Outcomes


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arifin S. 2017. Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Multilateral. Vol 16.

Irawati K. 2014. Pengaruh Model Problem Solving dan Problem Posing serta Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains. Vol.2, ISSN: 2338-9117.

Rizki Suhendar Putra 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 11.

Shanti W. Dkk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing. Vol VIII. ISSN: 2503-1864.

Sugiono. 2011. Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v2i2.5633

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.