Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Tutoring Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di SMA Negeri 1 Pulau Morotai

Merlin -, Nur Asbirayani Limatahu, Indra Cipta, Fadlan Muin

Sari


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pulau Morotai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pulau Morotai. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe peer tutoring dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang ditunjukkan dengan hasil persentase angket motivasi tergolong tinggi dan hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai thitung (5,75) > ttabel (1,68). Besar peningkatan hasil belajar kognitif dengan uji N-Gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Hasil belajar afektif dan psikomotorik rata-rata siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Kata Kunci:

 

Kooperatif Tipe Peer Tutoring, Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

 

Abstract

 

This research aimed to determine the effect of peer tutoring type of cooperative learning model with a scientific approach on increasing motivation and learning outcomes of solubility and solubility product of class XI students of SMA Negeri 1 Pulau Morotai. The research used the experimental types with pretest-posttest control group design. Population of this research was all eleventh grade student of SMA Negeri 1 Pulau Morotai. The sample selection was done by cluster random sampling technique. The results showed that there was a significant effect of the cooperative learning model of the peer tutoring type with a scientific approach to increasing motivation and learning outcomes of solubility material and solubility product, as indicated by the results of the motivational questionnaire percentage, which was high, and the results of testing the hypothesis that H0 was rejected and Ha was accepted with a value of tcount (5.75) > ttable (1.68). Great increase in cognitive learning outcomes with the N-Gain test of 0.65 in the medium category. The average affective and psychomotor learning outcomes of the experimental class students were better than those of the control class.

Keywords:

Cooperative Peer TutoringType, Scientific Approach, Learning Motivation, Learning Outcome, Solubility and Solubility Product


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(3), 325. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3964

Amir, A. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Di Kelas XI MIA-3 MAN Sipirok Tapanuli Selatan). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 41. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1663

Avianty, D., & Kartika Sari, R. (2022). Pengembangan Rubrik Penilaian Berbasis Proyek pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(2), 88–93.

Azzahroh, A. L., Ahsanuddin, M., Malang, U. N., & Timur, J. (2022). The Implementation of Peer Teaching Learning Models to Improve Arabic Reading Skills Class X IIS in SMA Babul Khairat Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas X IIS di SMA Babul Khairat. https://doi.org/10.17977/ um064v2i72022p1005-1019

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351

Fatayan, A. (2022). Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Pada Pembelajaran Ips. Educenter Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 47–57.

Hariyadi, E., Sejati, A. E., & Zulhija, M. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis WhatsApp Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19 Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11193–11204. https://www.jptam.org/index. php/jptam/article/view/2854

Lestari, D. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xl MIPA SMA Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2022 / 2023 Factors Affecting Student Interest in Biology Subject Class Xl MIPA SMA Negeri 4 Pekanbaru Academic Year 2022 / 2023. 14(1), 45–49.

Mardhatilah, R., Zaini, M., & Kaspul, K. (2022). Pengaruh LKPD-Elektronik sistem gerak terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 53–64. https://doi.org/10.58362/ hafecspost.v1i2.13

Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2015). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash Dan Handout Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ipa 4 Sman 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 29–37. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4883

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Kemampuan Penalaran Adaptif Melalui Model Reciprocal Teaching pada Logika Matematika dan Himpunan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 124– 130. https://doi.org/10.30998/sap. v5i2.7276

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Pratiwi, F. A. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Fitri Apriani Pratiwi Nim F02110003. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma, 6, 10.

Razzaq, A., & M. Arsyad Ambo Tuo. (2016). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pencapaian Konsep. 1(2), 25.

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59. https://doi.org/10.30587/ jtiee.v1i1.112

Rosyana, W., Ashadi, A., & Mulyani, S. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Three-Tier Multiple Choice (Three- Tmc) Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kimia Larutan Penyangga Kelas XI SMA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 48. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i1.31814

Salehha, O. P., Khaulah, S., & Nurhayati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps) Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif …. 06(01), 81–93. http://repository.radenintan.ac.id/ 10218/1/ Skripsi Ra. Annisa Cahya Imani S. %28Cover - Lam Depan - BAB I - BAB II - Dapus%29.pdf

Sudjana, D., & Wijayanti, I. E. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(2), 206. https://doi.org/ 10.30870/ educhemia.v3i2.3729

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Wakhinuddin, S., & Purwanto, W. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pemberian Tugas Observasi Lapangan di SMKN 1 Bukittinggi Improving Student Learning Outcomes Through Field Observation at SMKN 1 Bukittinggi. 93–104.

Wedi, A. (2016). Konsep dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 1(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id /index.php/edcomtech/article/viewFile/1785/1027




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i1.6403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.