Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan Pada Materi Sistem Periodik Unsur
Sari
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan pada materi sistem periodik unsur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 84 siswa dengan teknik pengambilan sampel sampel yang digunakan adalah Purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essay sebanyak 11 nomor. Data yang diperolleh selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 21.1. Uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji paired T-test diperoleh nilai signifikan yaitu , thitung > ttabel atau 10,056 > 1,729. Sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa
Kata Kunci:
Model pembelaran berbasis masalah, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur
Abstract
This research was porposed aimedto determine the effect of problem-based learning models on student learning outcomed in the periodic system of elements of class X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan on the material of the periodic system of elements. This type of research is experimental research using the One Group Pretest-Posttest research design. The population in this study were all of the tenth grade students of SMA Negeri 2 South Halmahera for the 2022-2023 academic year, totaling 84 students. The sampling technique used was purposive sampling, with a sample size of 20 students. The instrument used in this study was in the form of 11 number essay questions. The data obtained was then analyzed using SPSS 21.1. Testing the hypothesis of student learning outcomed using the paired T-test obtained a significant value, namely, tcount > ttable or 10.056 > 1.729. So it shows that there was an influence of problem-based learning models on student learning outcomes.
Keywords:
Learning Outcomes, Problem-Based, Periodic System of Elements
Abstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan pada materi sistem periodik unsur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan design penelitian One Group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 84 siswa dengan teknik pengambilan sampel sampel yang digunakan adalah Purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essay sebanyak 11 nomor. Data yang diperolleh selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 21.1. Uji hipotesis hasil belajar siswa dengan menggunakan uji paired T-test diperoleh nilai signifikan yaitu , thitung > ttabel atau 10,056 > 1,729. Sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa
Abstract
This research was porposed aimedto determine the effect of problem-based learning models on student learning outcomed in the periodic system of elements of class X SMA Negeri 2 Halmahera Selatan on the material of the periodic system of elements. This type of research is experimental research using the One Group Pretest-Posttest research design. The population in this study were all of the tenth grade students of SMA Negeri 2 South Halmahera for the 2022-2023 academic year, totaling 84 students. The sampling technique used was purposive sampling, with a sample size of 20 students. The instrument used in this study was in the form of 11 number essay questions. The data obtained was then analyzed using SPSS 21.1. Testing the hypothesis of student learning outcomed using the paired T-test obtained a significant value, namely, tcount > ttable or 10.056 > 1.729. So it shows that there was an influence of problem-based learning models on student learning outcomes.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardianto, Widi, Cholis Sa’dijah, and Dedi Kuswandi. 2017. “Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Manipulatif Untuk Memahamkan Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 2(5):694–705.
Kaban, Raka Hermawan, Dewi Anzelina, Reflina Sinaga, and Patri Janson Silaban. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(1):102–9. doi: 10.31004/basicedu.v5i1.574.
Lamalat, Tri Sulistiyawati, Supriadi Supriadi, and Siti Nuryanti. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Model Palu.” Jurnal Akademika Kimia 7(3):102. doi: 10.22487/j24775185.2018.v7.i3.11904.
Mardiatmoko, GUN-. 2020. “Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda.” BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan 14(3):333–42. doi: 10.30598/barekengvol14iss3pp333-342.
Yuliati, Yuyu. 2016. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.” Jurnal Cakrawala Pendas 2(2). doi: 10.31949/jcp.v2i2.335.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i1.6404
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.