Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 3 Kepulauan Sula

Megawati Umasangadji, Sudir Umar, Nur Asbirayani Limatahu, Fadlan Muin

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 3 Kepulauan Sula. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest Posttest Desain. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa siswi kelas X SMA Negeri 3 Kepulauan Sula yang berjumlah 25 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 29.0. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh dari uji Paired Sample T Test, thitung > ttabel (12,972 > 1,710) maka Ha diterima dan HO ditolak. Sehingga model pembelajaran Inquiry Training berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan besar pengaruh yang diperoleh dari uji nilai gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang.

 

Kata Kunci:

Inquiry Training, Hasil belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Abstract

This research was conducted to determine the effect of the Inquiry Training Learning Model on the Learning Outcomes of Class X Students in the Material of Electrolyte and Non-electrolyte Solutions at SMA Negeri 3 Kepulauan Sula. The type of research used is experimental research with a research design that is One Group Pretest Posttest Design. The population in the study were all 25 students of class X SMA Negeri 3 Sula Archipelago, using a sampling technique, namely saturated sampling. The instrument used in this study was a test instrument in the from of 10 numbers of essay questions. The data obtained were then analyzed using SPSS 29.0. The results of  hypothesis testing in this study were obtained from the Paired Sample T Test, tcount > ttable (12.972 > 1.710) then Ha was accepted and Ho was rejected. So that the Inquiry Training learning model has an effect on student learning outcomes, with a large influence obtained from the gain value test of 0.44 in the medium category.

 

Keywords:

Inquiry training, learning outcomes, electrolyte and nonelectrolyte


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, Y., Fadillah, A. and Syam, M. (2021) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda’, Jurnal Pendidikan, 30(3), p. 399. doi:10.32585/jp.v30i3.1753.

Arisa, Y. and Simamora, P. (2014) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Fluida Statis’, Jurnal Inpafi, 2(4), pp. 54–60.

Bait, D.J., Duengo, S. and Kilo, A. La (2018) ‘Pengaruh model pembelajaran simayang tipe II terhadap peningkatan kemampuan representasi kimia siswa kelas X pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di …’, Jambura Journal of Educational Chemistry, 13, pp. 157–163. Available at: https://www.neliti.com/publications/277421/pengaruh-model-pembelajaran-simayang-tipe-ii-terhadap-peningkatan-kemampuan-repr.

Gaol, D.K.L.& and Sirait, M. (2014) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Inpafi, 2(2), pp. 30–39.

Zubaidah, S. (2017) ‘Pembelajaran Kontekstual Berbasis’, 1(Mei 2017).

Zubaidillah, M.H. (2018) ‘Prinsip Dan Alat Evaluasi Dalam Pendidikan’, OSF Preprints, pp. 1–13.

Sugiono. 2018. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group

Nurhadi, N. (2022) ‘Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific IssuesTerhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi’, JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), pp. 10–19. doi:10.21009/jrpk.121.02




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i1.6405

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.