Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 3 Kepulauan Sula
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa Di SMAN 3 Kepulauan Sula. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian sebanyak 19 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kepulauan Sula menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur ranah afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data statistik inferensial menggunakan SPSS 21.0 hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa Di SMAN 3 Kepulauan Sula dengan hasil uji hipotesis diperoleh ttabel>thitung atau 13,719>1,734, sedangkan hasil analisis ranah afektif mencapai 73 dan ranah psikomotorik 75.
Kata Kunci:
Model kooperatif,tipe numbered heads together, pengaruh hasil belajar, asam basa.
Abstract
This study aims to determine the Application of the Numbered Heads Together (NHT) Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Class XI on Acid-Base Material at SMAN 3 Sula Islands. The type of research used is a type of experimental research with a one group pretest posttest design. The sample in the study was 19 students of class XI IPA SMA Negeri 3 Sula Islands using a saturated sampling technique. The instruments used in this study were essay questions of 10 items to measure student learning outcomes and observation sheets to measure affective and psychomotor domains. The inferential statistical data analysis technique using SPSS 21.0 showed that there was an influence on the application of the Numbered Heads Together (NHT) Type Cooperative Learning Model to Improve Student Learning Outcomes in Class XI on Acid-Base Material at SMAN 3 Sula Islands with the results of hypothesis testing obtained ttable> tcount or 13.719> 1.734, while the results of the analysis of the affective domain reached 73 and the psychomotor domain was 75.
Keywords:
Cooperative models, numbered heads together, the effect of learning outcomes, acid base
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Gunawan, A. 2016. “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu”. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(2): 216- 225.
Majid, A. 2009. “Perencanaan Pembelajaran”. PT Remaja Rosdakarya Bandung: Bandung.
Priyono, A. 2014. “Pengaruh Metode Simulasi dan Demonstrasi Terhadap Pemahaman Konsep Bencana Tanah Longsor”. Jurnal Gea. 14(2): 78-91.
Permatasari, Hellena Claudya. 2018. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Modul Dalam Materi Tata Nama Senyawa.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 7(4):1–10.
Pratiwi, Noor Komari. 2017. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang.” Pujangga 1(2):31. doi: 10.47313/pujangga.v1i2.320.
Rahmawati, Tika, and Crys Fajar Partana. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Asam Basa Berbasis Android Terhadap Efikasi Diri Peserta Didik.” JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 4(2):147–56. doi: 10.15575/jtk.v4i2.5022.
Saputra, Hendra Dani, Faisal Ismet, and Andrizal Andrizal. 2018. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18(1):25–30. doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i1.6406
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.