Analisis Kemampuan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan Pada Materi Hukum-Hukum Dasar dan Persamaan Reaksi Kimia

Neni Abd Hamid, Nur Asbirayani Limatahu, Muliadi -, Fitriana Ibrahim

Sari


Abstract

 

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan pada materi hukum-hukum dasar dan persamaan reaksi kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 19 Halmahera Selatan yang terdiri dari 1 kelas sebanyak 15 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dengan sampel sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes yang terdiri dari 10 soal essay dan angket yang terdiri dari 15 item pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan belajar siswa kelas X SMA Negeri 19 Halmahera Selatan pada materi hukum-hukum dasar dan persamaan reaksi kimia berada pada kriteria kemampuan sangat rendah dengan nilai 16% berdasarkan analisis skala lima dari 15 siswa yang dijadikan sampel. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa pada faktor internal yaitu aspek motivasi dengan nilai 80%. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu guru dengan nilai 80%.

Kata Kunci: 

Kemampuan dan faktor-faktor yang mempengaruhi Belajar, Hukum-Hukum Dasar dan Persamaan Reaksi Kimia,  Analisis Deskriptif

 

Abstract

 

This researched was conducted to determine the student's learning ability and the factors that influence the learning ability of Class X Students of SMA Negeri 19 South Halmahera on the subject of fundamental law of chemistry and chemical reaction equations. This type of research is descriptive research. population in this study is whole Class X Students of SMA Negeri 19 South Halmahera which consist 1 class as much 15 student. The sampling technique in this research use a saturated sample, with a sample as much 15 students. The data collection technique in this research was a test and non-test technique which consis 10 essay questions and a questionnaire which consis 15 question items. The data analysis technique use is descriptive analysis. The results showed that the learning ability of class X students of SMA Negeri 19 South Halmahera on the subject of fundamental law of chemistry and chemical reaction equations was at a very low criteria ability with a value 16% based on scale five analysis of the 15 students who were sampled. Factors that affect students' learning abilities on internal factor namely aspects motivation with a value 80%. While on external factor namely aspects the teacher with a value 80%.

Keywords:   

Learning Ability, Influencing Factors, Fundamental law of Chemistry Chemical and Reaction Equations , Descriptive Analysis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, Anak, and Mas Udayani. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Soal Hots Pada Materi Kimia Unsur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Mipa 4 Sma Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022.” 23(2):414–26. doi: 10.5281/zenodo.7191499.

Ananda, Rizki. 2017. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota.” Jurnal Basicedu 1(1):21–30. doi: 10.31004/basicedu.v1i1.149.

Arsana, I. Kadek Satria. 2019. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan.” 6(2):269–82.

Cynthia, Lela Camellia, Trisno Martono, and Mintasih Indriayu. 2015. “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS Di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi 01(02):1–20.

Juniati, Ni Wayan, and I. Wayan Widiana. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa.” Journal of Education Action Research 1(2):122. doi: 10.23887/jear.v1i2.12045.

Pratama, Gama Wardian, Ashadi Ashadi, and Nurma Yunita Indriyanti. 2017. “Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem-Based Learning ( PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Materi Koloid Sma Kelas XI Kritis.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 21:150–56.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i1.6410

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.