Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Berbantuan Quizwhizzer Terhadap Potensi Learning Loss Mahasiswa

Firdiawan Ekaputra

Sari


Abstrak

Penerapan yang bervariasi menjadikan pembelajaran menarik dan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan menjadi meningkat. Pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa sebagai upaya meningkatkan kemampuan pemahaman materi perlu diakomodir menggunakan media pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efektivitas penggunaan  model project based learning berbantuan quizwhizzer terhadap potensi learning loss mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Biokimia II semester 7 pada Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi. Data mengenai potensi learning loss mahasiswa diperoleh menggunakan angket pada sebelum dan sesudah penggunaan  model project based learning berbantuan quizwhizzer pada kegiatan perkuliahan. Data mengenai potensi learning loss selanjutnya dilakukan uji menggunakan paired samples t test. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah penggunaan  model project based learning berbantuan quizwhizzer efektif dalam menurunkan potensi learning loss mahasiswa.

 Kata Kunci:               

Project Based Learning, Quizwhizzer, Learning Loss

Abstract

Various applications make learning interesting and the level of student understanding of lecture material increases. Student-centered learning as an effort to improve the ability to understand material needs to be accommodated using project-based learning media. The purpose of this study was to examine the effectiveness of using project-based learning model assisted by quizwhizzer on students' potential learning loss. This research uses a quasi-experimental type. The sample used in the study were students who took Biochemistry II lectures in semester 7 at the Jambi University Chemical Education Study Program. Data regarding the potential for student learning loss was obtained using a questionnaire before and after the use of the project-based learning model assisted by quizwhizzer in lecture activities. Data on potential learning loss was then tested using paired samples t test. The results obtained in this study are the use of project-based learning model assisted by quizwhizzer is effective in reducing students' potential learning loss.

Keyword:

Project Based Learning, Quizwhizzer, Learning Loss


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini di TKIT Al-Farabi. BUHUTS Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 40–58. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alathfal/index

Andriani, F., Kamalia, D. L., Ridho, M., Hariyanti, L., Utomo, A., Utomo, A. P. Y., & Prasandha, D. (2023). Penerapan Model ASSURE dengan Menggunakan Media Quizwhizzer dalam Pembelajaran Menganalisis Sistematika dan Kebahasaan Karya Ilmiah Kelas XI. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 1(2), 102–114. https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i2.126

Andrini, V. S., Pratama, H., & Maduretno, T. W. (2019). The effect of flipped classroom and project based learning model on student’s critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012010

Ekaputra, F. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Mengingkatkan Aktivitas Belajar Kimia SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 2(2), 19–23. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/LENTERNAL

Ekaputra, F., & Hasanah, E. (2021). Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 11(1), 11–16. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i1.348

Ekaputra, F., & Sanova, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom-Pjbl Dalam Mengurangi Potensi Learning Loss dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(1), 33–43. https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8312

Eriska, D., Aprianti, F., & Rahayu, S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Education Games Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN Majalengka Wetan VII. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1876–1891.

Fuldiaratman, F., & Ekaputra, F. (2023). Analysis of Students’ 4C Skills Based on Project Based Learning through Chemo Entrepreneurship Media. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(3), 454–459. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline2057

Fuldiaratman, Rusdi, M., Harizon, Dewi, F., & Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Construct Bagi Guru SMA Negeri 5 Muaro Jambi. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1346–1353. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3145

Harizon, H., & Ekaputra, F. (2023). Application of PjBL Model by Utilizing Natural Materials Chemistry to Improve Students’ 4C Skills. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(3), 479–483. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline2060

Haryanto, Ernawati, M. D. W., Fuldiaratman, Afrida, & Ekaputra, F. (2023). Implementasi Aplikasi PhET Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1372–1379. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3160

Lailatunnahar, T. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi Covid 19 pada Siswa Kelas VII.1 di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1084–1094.

Masniladevi, Helsa, Y., & Syarif, I. M. (2019). Media Edugames Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Pembelajaran Penyajian Data di Kelas IV SD. E-Tech Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/et.v7i1.104473

Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882

Sakti, I., Nirwana, N., & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42

Sanova, A., Afrida, & Ekaputra, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Platform Open Course Berorientasi PjBL Dan Case Study Berbasis Gamifikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 142–150.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 30(1), 79–83.

Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263.

Yanuarto, W. N., & Susanti, L. M. (2023). Utilizing QuizWhizzer Apps to enhance students’ mathematical ability in game-based learning model. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 199–212. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.1949




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i2.7247

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.