Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Koloid Di MAS Al-Muzakarah Toniku

Sri Arlika Muhdar, Nurfatimah Sugrah, Fadlan Muin, Muliadi -, Nur Asbirayani Limatahu, Nur Jannah Baturante

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem koloid di MAS Al-Muzakarah Toniku. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAS Al-Muzakarah Toniku tahun ajaran 2022/2023 yang berjumblah 15 siswa yang terdiri hanya satu kelas. Teknik pengambilan sampel digunakan ialah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay sebanyak 10 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, dan lembar observasi untuk mengukur ranah afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data data statistik menggunakan Paired Sampel t test dengan nilai sig < 0,05 atau 0,00 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 di tolak. Hasil ranah afektif sebanyak 53 dengan kategori kurang dan ranah psikomotor sebanyak 52 dengan kategori kurang. Besar pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari nilai gain 0,49 dengan kategori sedang.

Kata Kunci: Problem  Based   Learning, Hasil Belajar, Sistem Koloid


Abstract

 This research was conducted to determine the effect of the problem based learning model on the learning outcomes of class XI students on colloidal system material at MAS Al-Muzakarah Toniku. This type of research is experimental research using one grup pretest posttest design. The sample in class XI IPA MAS Al- Muzakarah Toniku for the 2022/2023 academic year, with a total of 15 students consisting of only one class. The sampling technique used is the saturation. The instruments used in this study were essay questions of 10 items used to measure student learnig outcomes, and observation sheets to measure affective and psychomotor domains. Statistical data analysis techniques using paired sample t test with values sig < 0.05 or 0.00 < 0.05, then Ha is accepted and H0 is rejected. The results of the affective domain were 53 in the less category. The influence of the problem based learning model on student learning outcomes is obtained from a gain value of 0,49 in the moderate category.

Keyword: Problem Based Leaning, Learning Outcomes, Colloidal System


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, Dwi Setyo. 2017. “Kadar Protein Urin Menggunakan Uji Asam Asetat Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester VI FKIP UMS. Proceeding Biology Education Conference. 14(1). 36–38.

Diki, M. 2019, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN 1 MATARAM.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 2(1). 1-9. DOI: 10.29303/jipp.v8i4.1737

Eldarni, Ida Murni, dan Fitri Yeni, 2020. “Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Vedio Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam”. Jurnal penelitian pembelajaran fisika. 6: 162-

Halik, Fitriani, Thamrin Tayeb, and Nidya Nina Ichiana. 2007. “Pengembangan Modul Berbasis Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Materi Aritmatika Sosial SMP.” Alauddin Journal of Mathematics Education. 2(1). 72-82

Muji. 2018. “Teknologi Laboratorium Pustaka Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan SDM.” Jakarta : Pusdik SDM Kesehatan-Kementrian Kesehatan RI

Nana Sudjana, (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar

Mengajar. Bandung: PT Rosdakarya.

Priliyanti, Anggi, I W Muderawan, and S Maryam. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia.” Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha 5 (1): 11–18.

Rifka 2015, Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul.” Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha 5 (1): 11–18.

Romi, H, and Klaudius W. 2019. “Pengaruh Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X Mia Sma Negeri Magepanda” SPIN Jurnal Pendidikan Kimia 1 (1).20-29

Sandabunga, Selni, and Muhammad Anwar. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 2 Makassar ( Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi ) The Effect of Problem Based Learning Model toward Student Learning Outcome in XI Exact Class of SMAN 2 Makassar. Jurnal Chemical v22 (2): 91–98.

Sudiantini, Dkk 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Visualization , Auditory , Kinesthetic ( VAK ) Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 3(1) 166–73.

Sugiono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zakiyah, H. Ulfa, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Hayatuz. Journal Lantanida. v5 (2): 93–196.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i2.7248

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.