Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Kahoot! dalam Pembelajaran Kimia Materi Atom

Nurin Puspita Ainur Rozanah, Retno Dwi Rahmawati, Umi Nur Khamidah

Sari


Abstrak

Kimia sebagai bagian dari ilmu pengetahuan memiliki cakupan materi yang sangat luas. Pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran kimia dibutuhkan agar mahasiswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Kahoot! sebagai salah satu game edukasi dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kahoot! dalam pembelajaran kimia khususnya materi atom. Metode yang digunakan adalah dengan studi kasus pada mahasiswa program studi Tadris Kimia 1A dengan membagikan instrument berupa kuisioner dalam bentuk angket. Hasilnya adalah Kahoot! lebih efektif jika digunakan sebagai media evaluasi di akhir pembelajaran daripada sebagai media selama proses pembelajaran. Kahoot! sebagai media edukasi berbasis digital dapat meningkatkan antusiasme dan minat belajar serta memengaruhi tingkat emosional mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: Kimia, Kahoot!, media pembelajaran

 

Abstract

Chemistry, as part of science, has a very wide scope of matter. Integrating technology in the chemistry learning process is needed so that students can more easily understand the material taught. Kahoot! as one of the educational games, it can be used as an alternative learning medium. This study aims to determine the effectiveness of using Kahoot! in the study of chemistry, especially atomic matter. The method used is a case study on students of the Tadris Kimia 1A study program by distributing instruments in the form of questionnaires. The result was Kahoot! It is more effective if it is used as an evaluation medium at the end of learning rather than as a medium during the learning process. Kahoot! As a digital-based educational medium, it can increase enthusiasm and interest in learning and affect the emotional level of students during the learning process.

Keyword: Chemistry, Kahoot!, medium learning


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Ahmad Arimuliani, Johari Afrizal, and Nadia Wulandari. 2021. “Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Kahoot di Perguruan Tinggi untuk Konteks Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing.” GERAM (Gerakan Aktif Menulis) 9 (1): 24-26.

Daryanes, Febblina, and Deci Ririen. 2020. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa.” JNSI: Journal of Natural Science and Integration 3 (2): 173-184.

Fahrudin, Ansari, and Ahmad Shofiyuddin Ichsan. 2021. “Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Hikmah 18 (1): 67-

Irwan, Zaky Farid Luthfi, and Atri Waldi. 2019. “Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 8 (1): 96-97.

Khomarudin, Na’imah. 2020. “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Ilmu Teknologi dan Masyarakat.” Jurnal Edueksos 9 (2): 68-71.

Rahmawati, Septina. 2023. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran IPA SD.” Jurnal Elementary 6 (1): 30-34.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayekti. 2011. “Integrasi Teknologi ke dalam Kurikulum.” Perspektif Ilmu Pendidikan 24 (15): 204-209.

Yin, Robert K. 2011. Application of Case Study Research. Singapore: SAGE Publication Asia-Pacific Pte Ltd.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i2.7250

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.