Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Koloid Di MAS Al- Karimah Galela

Nurhaja Liong, Nurfatimah Sugrah, Nur Jannah Baturante, Ahmad Muchsin Jayali, Ilham SW Mauraji

Sari


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa di MAS Al- Karimah Galela. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas XI MAS Al- Karimah Galela yang berjumlah 19 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan Uji Paired Sample Test. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh nilai signifikan > 0,000 atau > 0,05 maka Ha diterimah dan H0 ditolak, sehingga model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan besar pengaruh yang diperoleh dari uji nilai gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing. Hasil Belajar, Koloid


Abstract

This research was conducted to determine the effect of the guided inquiry learning model on student learning outcomes at MAS Al-Karimah Galela. The type of researcher used is experimental research with a research design, namely One Group Pretest Posttest. The population in this study was all 19 class XI MAS Al-Karimah Galela students using a sampling technique, namely saturated sampling. The instrument used in this research is a test instrument in the form of 10 essay questions. The data obtained was then analyzed using the Paired Sample Test. The results of the hypothesis test in this study obtained a significant value of > 0.000 or >   0.05, so Ha was accepted and H0 was rejected, so that the Guided Inquiry learning model had an effect on student learning outcomes, with a large influence obtained from the gain value test of 0.55 with the category currently.

Keyword: Guided  Inquiry.  Learning Outcomes, colloidal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Anom, I.P.G. (2021) ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Pada Materi Metode Ilmiah. Journal of Education Action Research’, 5(1). 118–125. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31062

Anwar, Y., Fadillah, A, dan Syam, M. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negri 11 Samarinda, Jurnal Pendidikan , vol 30(3), 399-406.

Dwianti, I,N., Juluati, R.R., dan Rahayu, E.T., 2021. Pengaruh Media PowerPoint Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmia Wahana Pendidikan, vol, 7 (2), 675-676.

Putri, L.2018. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Ada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Di SMA Negri Banda Aceh. [ Sripsi] . Program Studi Pendidikan Kimia. Jakarta. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,

Suprapta, D.N. (2020) ‘Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa’, Journal of Education Action Research’, 4(3), 240–246. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27174




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v3i2.7264

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.