Literature Review: Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Pembelajaran Kimia

Ita Oktafiana, Siti Khumairoh, Maulidina Nurul Sadida, Fachri Hakim

Sari


 

 

 

Kata Kunci:               

Kimia, Problem Based Learning, Kemampuan literasi sains

 

Abstrak

Pendidikan memainkan peran krusial dalam pembentukan sumber daya manusia yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan. Situasi pendidikan di Indonesia masih relatif rendah termasuk kemampuan literasi sains siswa. Kurangnya aktivitas pembelajaran yang menunjang kemampuan literasi sains siswa dan kebiasaan mengerjakan soal yang menggunakan wacana. Permasalahan tersebut timbul dilihat dari siswa yang minim partisipasi selama keberlangsungan proses pembelajaran terkhusus pada pembelajaran kimia. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji 12 artikel relevan lima tahun terakhir yang bermaksud guna mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran kimia. Berdasarkan hasil analisis artikel relevan, menunjukkan Problem Based Learning memberikan dampak positif yakni meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran kimia.

 

 

 

 

Keyword:

Chemistry, Problem Based Learning, Science literacy skills

Abstract

Education plays a crucial role in the formation of human resources who are able to solve various problems. The educational situation in Indonesia is still relatively low, including students' science literacy skills. Lack of learning activities that support students' science literacy skills and the habit of doing problems that use discourse. These problems arise from students who have minimal participation during the continuation of the learning process, especially in chemistry learning. This study was conducted by reviewing 12 relevant articles in the last five years which was intended to determine the influence of Problem Based Learning on students' science literacy skills in chemistry learning. Based on the results of the analysis of relevant articles, it shows that Problem Based Learning has a positive impact, namely improving students' science literacy skills in chemistry learning.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209.

Dinda Nur Azizah, Irwandi, D., & Saridewi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 12–18. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.03

Fauziah, N., Hakim, A., & Andayani, Y. (2019). Meningkatkan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Green Chemistry Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pijar MIPA, 14(2), 31-35.

Feronika, T., & Bahriah, E. S. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Elektrokimia (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kimianti, F. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kumala, G. S. R., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Bernalar dan Argumentasi Melalui Problem Based Learning. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(2), 12-17.

Kurniati, E., & Adelia, K. A. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Literasi Sains Siswa SMA. Research Journal of Physics and Its Application, 3(2), 248-252.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13.

Marziah, A., & Pd14, M. (2023). Pengaruh Penerapan Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) Terhadap Aktivitas Belajar dan Minat Siswa dalam Berwirausaha pada Materi Laju Reaksi. Ilmu Pengetahuan Dan Pedagogi Dalam Terapan Serta Teknologi, 103.

Mundariyah, M., Sukainah, A., & Herawaty, I. (2022). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Problem Based Learning Pada Kelas XI ATPH SMKN 7 Konawe Selatan Sulawesi Tenggara. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 120–129.

Nuzula, N, F., & Sudibyo, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(3). pp.360-366.

Rahayu, A., Ilmi, R. N., Alimuddin, A., Astuti, S., Bahar, H., & Reny, R. (2023). Model Problem Based Learning: Dampaknya Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Biofiskim: Pendidikan Dan Pembelajaran IPA, 5(2).

Rahman, M, H., Latif, S., & Saban, M. (2022). Implementasi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa XI MAN 2 Halmahera Utara. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 10(2), 259-270.

Rahmita, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep dan Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Kelas X di MAN 3 Banjar.

Sari, N. A., Yulianto, Y., & Yuliani, H. (2021). Studi Literatur Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Pada Pembelajaran Fisika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 18.

Silaban, B., Sigiro, M., & Panjaitan, E. S. F. (2023). Dampak Pembelajaran Kooperatif Tipe-STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(2), 189-197.

Suryati, S., Hendrawani, H., & Walidatun, N. (2021). Pengaruh Modul PBL Berorientasi Green Chemistry pada Materi Hidrolisis Garam terhadap Literasi Sains Siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 86-100.

Tri, A. A., Yusuf, U., Husain, H., & Side, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI MIA SMA Angkasa Maros. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 3(1).

Zulanwari, Z. A. Z., Ramdani, A., & Bahri, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Terhadap Soal–Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri. Journal Of Classroom Action Research, 5, 210–216.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i1.8403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.