PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP BERKEBHINEKAAN GLOBAL: VALIDITAS DAN RELIABILITAS
Sari
Informasi Jurnal
Kata Kunci:
Angket, Berkebhinekaan global, Kurikulum Merdeka
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap berkebhinekaan global, khususnya terkait dengan penentuan aspek-aspek sikap berkebhinekaan global yang dapat digunakan sebagai dasar dalam merumuskan indikator-indikator motivasi belajar tersebut. Adapun aspek-aspek motivasi belajar yang digunakan sebagai dasar dalam pengembangan instrumen motivasi tersebut, meliputi: mengenal budaya, menghargai budaya, interaksi antar buadya, refleksi terhadap kebhinekaan. Berdasarkan keempat aspek motivasi tersebut, selanjutnya dirumuskan indikator-indikator sikap berkebhinekaan global. Akhirnya, indikator-indikator itulah yang dipakai sebagai dasar untuk merumuskan butir-butir pernyataan dalam suatu angket sebagai instrumen untuk mengukur sikap berkebhinekaan global. Instrumen sikap berkebhinekaan global tersebut berupa angket dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil pengujian, ternyata instrumen motivasi belajar fisika yang dikembangkan ini terdapat 30 pernyataan valid yang dikembangkan. Sedangkan, derajat reliabilitasnya tergolong tinggi, yaitu dengan ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,781.
Keyword:
Questionnaire, Global Diversity, Kurikulum Merdeka
Abstract
This study aims to develop a global diversity attitude assessment instrument, especially related to determining aspects of global diversity attitudes that can be used as the basis for formulating indicators of learning motivation. The aspects of learning motivation used as the basis for the development of the motivation instrument include: recognizing culture, appreciating culture, interaction between cultures, reflection on diversity. Based on these four aspects of motivation, indicators of global diversity attitudes were formulated. Finally, these indicators are used as the basis for formulating statement items in a questionnaire as an instrument to measure global diversity attitudes. The global diversity attitude instrument is a questionnaire using a Likert scale. Based on the test results, it turns out that the developed physics learning motivation instrument has 30 valid statements developed. Meanwhile, the degree of reliability is high, which is indicated by the correlation coefficient value of 0.781.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35 i1.13529
Gronlund, Norman E. (2003). Assessment of Student Achievement. Seventh Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Kemendikbudristek. (2023b). pengertian Profil Pelajar Pancasila. Diambil 17 Desember 2023 dari https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/14145044257945-Pengertian-Profil-Pelajar-Pancasila
Hidayati, N., Zubaidah, S., Suarsini, E., & Praherdhiono, H. (2020). The Relationship Between Critical Thinking anf Knowledge Acquisition: The Role of Digital Mind Maps-PBL. International Journal of Information and Education Technology, 10(2), 140-145 https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.2.1353
Hussin, W. N. T., Harun, J., & Shukor, N. A (2019). Online Interaction In Social Learning Environment. Journal of Technology anf Science Education, 9(1), 4-12
Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i1.8405
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.