PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMK NEGERI 9 KEPULAUAN SULA

Fanina Daiman, Muhammad Amin, ilham SW Mauraji, Zulkifli Zam Zam, Fitriana Ibrahim, Nur Jannah Baturante

Sari


 

Informasi Jurnal

 

Kata Kunci:               

Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Ikatan Kimia

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi ikatan kimia di SMK Negeri 9 Kepulauan Sula. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu One Group Pretest Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X berjumlah 14 siswa teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis mengunakan SPSS 21.0. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh dari uji Paired Sampel T Test thitung>ttabel atau 7,515>1,770, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga model pembelajaran peoblem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan besar pengaruh yang diperoleh dari uji nilai sebesar 0,35 dengan kategori sedang.

 

 

 

 

Keyword:

Problem Based Learning, Critical Thinking Ability, Chemical Bonds

Abstract

This research was conducted to determine the effect of the problem based learning model on the critical abilities of class X students on chemical bonding material at SMK Negeri 9 Sula Island. The type of research used experimental research with a research design, namely One Group Pretest Posttest Design. The population in this study was class X, totaling 14 students, the sampling technique was saturated sam pling. The instrument used is 10 essay questions. The data obtained was then analyzed using SPSS 21.0. The results of the hypothesis test in this research were obtained from the Paired Sample T Test tcount ttable or 7.515>1.770, so Ha was accepted and Ho was rejected. So the problem based learning model influences students critical thinking abilities with a large influence obtained from the test value of 0.35 in the medium category..


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Husein, H., Herayanti, L., dan Gunawan. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Meteri Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1 (3): 221-227

Aziz, A., Ahyan, S., dan Fauzi, L. M. 2016. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Lesson Study. Jurnal Elemen, 2 (1): 83 – 91

Susanti, A. E, & Suwu, S. E (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX dalam Pelajaran Ekonomi. Jurnal POLYGLOT, 12(1), 66-81. DOI: https://doi.org/10.19166/pji.v12i1.383

Sholihin, H. W.N. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Terpadu Untuk Meningkatkan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung.

Anugraheni, 2018. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools] Polyglot: Jurnal Ilmiah 14(1) 9




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i1.8406

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.