DENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT SIDANGOLI PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Rifki Hud, Deasy Liestianty, Khusna Arif Rakhman, Nurfatimah Sugrah, Indra Cipta, Linda Kurnia Mustafa

Sari


 

Informasi Jurnal

 

Kata Kunci:               

Kesulitan Belajar, Struktur Atom

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi Struktur Atom, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Sidangoli yang berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes soal 11 item dan 15 item angket. Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Alkhairaat Sidangoli pada Struktur Atom berada dalam kategori sangat tinggi dengan persentase rata-rata 90% dari 17 siswa yang dijadikan sampel. Faktor yang paling menentukan kesulitan belajar adalah faktor internal pada aspek intelegensi dengan persentase 82% pada kriteria sangat Tinggi dan faktor eksternal pada aspek motivasi guru dengan persentase 65% pada kriteria Tinggi..

 

 

 

 

Keyword:

Learning Difficulties, Atomic Structure

Abstract

This research was conducted to determine students' learning difficulties in studying Atomic Structure material, and the factors that influence it. This type of research is quantitative descriptive research. The population in this study were all 17 class X students of Madrasah Aliyah Alkhairaat Sidangoli. The sampling technique is a saturated sample. The data collection technique in this research is an 11 item test technique and a 15 item questionnaire. The data analysis technique is quantitative analysis. The results of the research show that the learning difficulties of class The factors that most determine learning difficulties are internal factors in the intelligence aspect with a percentage of 82% in the very High criteria and external factors in the teacher motivation aspect with a percentage of 65% in the High criteria.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Riduwan dan Sunarto.2012. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan Sosial Komunikasi Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sunyono, dkk. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA (JPMIPA). 10(2): 9-18.

Siantro dan Riduwan.2012. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan Sosial Komunikasi Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sapuroh S. 2010 Analisis Kesulitan Belajar Siswa Memahami Konsep Biologi Pada Konsep. Skripsi: Jurusan IPA, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Suryadi, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jilid II. CV Jejak (Jejak Publiser




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i1.8408

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.