TERHADAP KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PESERTA DIDIK SMA KELAS XI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Alwan Mas’ud, Eli Rohaeti

Sari


 

InformasiJurnal

 

Kata Kunci:               

Argument driven inquiry,

Pengambilan keputusan,

Direct instruction

 

Abstrak

Peserta didik yang cenderung pasif memiliki pemahaman konsep yang kurang sehingga menjadikan  proses pengambilan keputusan tidak berjalan dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model argument driven inquiry (ADI) terhadap kemampuan pengambilan keputusan peserta didik SMA. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain  pretest-posttest control group dengan sampel berjumlah 62 peserta didik. Prosedur terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan pengambilan keputusan peserta didik SMA yang menerapkan model ADI terhadap dibadningkan menggunakan model direct instruction pada materi larutan penyangga. Hasil uji independent T-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.  Temuan lain menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan pengambilan keputusan peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran larutan penyangga dengan model ADI. Berdasarkan hasil uji paired T-test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

 

 

 

 

Keyword:

Argument driven inquiry,

Decision making,

Direct instruction

 

Abstract

Students who tend to be passive have less understanding of the concept so that the decision-making process does not go well. The study aims to determine the effect of the argument driven inquiry (ADI) model on the decision-making ability of high school students. This quasi-experimental study used a pretest-posttest control group design with a sample of 62 students. The procedure consists of planning, implementation, and evaluation. The results of this study indicate that there is a significant difference in the decision-making ability of high school students who apply the ADI model compared to using the direct instruction model on buffer solution material. The results of the independent T-test test showed a significance value of 0.001 <0.05.  Another finding shows that there is a significant difference in the decision-making ability of students before and after learning buffer solution with ADI model. Based on the paired T-test test results, the significance value is 0.000 <0.05.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditomo, A. (2021). Kajian Akademik: Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Amin, A. M., & Corebima, A. D. (2016). Analisis Persepsi Dosen Terhadap Strategi Pembelajaran Reading Questiong And Answering (RQA) dan Argument Driven Inquiry (ADI) pada Program Studi Pendidikan Biologi Di Kota Makassar. In Prosiding Seminar Nasional II, pp. 333–347.

Arum, R., Kasimin, K., & Setiawan, A. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Kemampuan Bernalar Kritis Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss2.61.

Cyntia, A. P. Sri, D., & Riezky, M. P. (2016). Peningkatan Kemampuan Argumentasi Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa SMA Kelas X MIA. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1).

Erduran, S., Simon, S., & Osborne, J. (2004). Tapping into argumentation: Developments in the application of Toulmin’s argument pattern for studying science discourse. Science Education, 88, 915–933.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F.P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181.

Faulita, KR. (2011). Deskripsi Peningkatan Pemahaman Konsep Logika Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) pada Siswa Kelas X EB Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Universitas Muhammadiah Surakarta.

Gresch, H., Hasselhorn, M., & Bögeholz, S. (2013). Training decision-making strategies – An approach to enhance students’ competence to deal with socioscientific issues. International Journal of Science Education, 35(15), 2587–2607.

Hutapea, J. & Lubis, S. S. (2017). Desain Pembelajaran Fisika: Mengembangkan Keterampilan Decision Making Menggunakan Model Project Based Learning. Prosiding Seminar Hilirisasi.

Nastiti, G. E. (2012). Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Based Learning dan Team Quiz Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Siswa. http://eprints.ums.ac.id/27962/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf.

Pritasari, A.D., Sri, D., & Probosari, R.M. (2016). Peningkatan Kemampuan Argumentasi melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Biologi, 8 (1).

Redhana, I. W. (2011). Buku Kerja Berbasis Peta Argumen untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 18-27.

Sanjiwani N.L.I, Muderawan, I.W., & Sudiana I.K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2),75, https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21170

Sampson, V., & Gleim, L. (2009). In Biology Article Argument-Driven Inquiry To Promote Of The Understanding Important Concepts & Practices? Students Need The American Argument Driven. The American Biology Teacher, 71(8), 465–472.

Sampson, V., Grooms, J. & Walker, J.P. (2010). Argumet Driven Inquiry as away to Help Students Learn How to Participate in Scientific Argumentation and Craft Written Arguments: An Exploratory Study. Science Education, pp. 217-257.

Stefanidou,C., & Skordoulis C. (2014). Subjectivity and Objectivity in Science: An Educational Approach. Advances in Historical Studies, 3, 183-193. http://dx.doi.org/10.4236/ahs.2014.34016.

Savira, I., Wardani, S., Harjito, & Noorhayati, A. (2019). Desain Instrumen Tes Three Tiers Multiple Choice Untuk Analisis Miskonsepsi Siswa Terkait Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2277–2286.

Sukamto, S., Andriyani, Y., & Wahyuni, K. (2021). Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(3), 333–340, https://doi.org/10.33330/jurteksi.v7i3.1150

Torija, B & Aleixandre, MP. (2017). Developing an Initial Learning Progression for the use of Evidence in Decision-Making Context. Int J Sci and Math Educ.

Wang, Y., & Guenther, R. (2007). The Cognitive Process of Decision Making. International Journal of Cognitive Informatics and Natural Intelligence, 1(2), 1.




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i1.8410

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


EDITORIAL OFFICE:

Program Studi Pendidikan Kimia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Khairun

Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.