Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kepulauan Sula Pada Materi Struktur Atom

Ruslan Selpia, Indra Cipta, Dira Ayu Annisa, Muliadi -, Deasy Liestianty

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kepulauan Sula Pada Materi Struktur Atom. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretes Prossttes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas X pada materi struktur atom Di SMA Negeri 6 Kepulauan Sula yang berjumlah 17 orang dengan teknik pengambilan sampel samping jenuh. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes berupa soal essay sebanyak 10 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianaisis menggunakan SPSS 21.0. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh dari uji paired sample T Test, thitung > ttabel   (16,004 >2,120) maka Ha diterima H0 ditolak singga model pemebelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dengan pengaruh yang diperoleh dari uji nilai gain sebesar 0,30 dengan kategori sedang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Farisi, A. Hamid, A. & Melvina. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2 (3), 283-287.

Istiqori, H. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis LSLC Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom-Nanomaterial Kelas X SMA Penggerak (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Sugita, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Iman kepada Malaikat Melalui Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Paser. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 116-124.

Sulaeha, St. Danial, M & Wijaya, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto (Studi Pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). Jurnal chemica. 17(2), 94-102.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. CV Alfabeta : Bandung. 114. 133

Ummah, A. M., Jannah, R., Al Khazami, R. Y., Mulyanti, S., & El Paradise, Z. (2023, January). Pentingnya Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Senyawa Turunan Alkana Dan Gugus Fungsi. In Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (Vol. 1, pp. 14-19)




DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i2.9270

 
  

 

Journal NameJurnal Pendidikan Kimia Unkhair(JPKU)
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherProgram Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Khairun
AddressJalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara, Indonesia
CountryIndonesia
Emailjpku@unkhair.ac.id / jpkunkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/jpku/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/jpku

 

Flag Counter

Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.