PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA DI SMA NEGERI 10 HALMAHERA SELATAN
Sari
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 10 Halmahera Selatan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 18 siswa dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes menggunakan soal essay sebanyak 12 soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan SPSS 21. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh menggunakan uji paired sample T test dengan hasil Thitung > Ttabel (8,915 > 1,734) maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai gain 0,31 dalam kategori sedang.
Abstract
This study was conducted to determine the effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on student learning outcomes on basic chemical law material at SMA Negeri 10 South Halmahera. This type of research is experimental research with a one group pretest posttest design. The population in this study were all class X students, the sample in this study consisted of 18 students with the sampling technique using purposive sampling technique. The instrument used in this study was a test using essay questions as many as 12 questions. The results of hypothesis testing in this study were obtained using the paired sample T test with the results of Tcount> Ttable (8.915> 1.734) then Ha was accepted and Ho was rejected so that the problem-based learning model had an effect on student learning outcomes with a gain value of 0.31 in the medium category.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afandi, Dimas Daniel, Ervina Eka Subekti, and Susilo Adi Saputro. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS.” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1): 113–20. doi:10.54371/jiepp.v4i1.370.
Alim, Fitriyani. 2024. “Praktik Baik Menghadirkan Pengalaman Belajar.” 2(12): 211–17.
Asrifah, Siti. 2019. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(1): 158–65. http://repository.um.ac.id/id/eprint/67765.
Farisi, Ahmad, Abdul Hamid, and Melvina. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Konsep Suhu Dan Kalor.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 2(3): 283–87.
Febila, Dela, Lovika Ardana Riswari, and Much Arsyad Fardhani. 2024. “Enhancing Students’ Problem-Solving Skills through the PBL Model Assisted with the Media of Local Wisdom Mathematical Snakes and Ladders.” EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar 6(1): 61–74. doi:10.17509/ebj.v6i1.67510.
Handayani, Anik, and Henny Dewi Koeswanti. 2021. “Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Jurnal Basicedu 5(3): 1349–55. doi:10.31004/basicedu.v5i3.924.
Harefa, Darmawan, Murnihati Sarumaha, Amaano Fau, Tatema Telaumbanua, Fatolosa Hulu, Kaminudin Telambanua, Indah Permata Sari Lase, Mastawati Ndruru, and Lies Dian Marsa Ndraha. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(1): 325. doi:10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.
Indriani, Nina, Indrianis Suryani, and Lu’lu’ul Mukaromah. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Khazanah Pendidikan 17(1): 242. doi:10.30595/jkp.v17i1.16228.
Janah, Mely Cholifatul, Antonius Tri Widodo, and Kasmui. 2018. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12(1): 2097–2107.
Kern, John. 1990. “Implementation of New Technology - The Regulator’s Perspective.” SAE Technical Papers 7: 5–9. doi:10.4271/902340.
Langitasari, Indah, Titi Rogayah, and Solfarina Solfarina. 2021. “Problem Based Learning (Pbl) Pada Topik Struktur Atom : Keaktifan, Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 15(2): 2813–23. doi:10.15294/jipk.v15i2.24866.
Lutfiah sya’bani choirunisa, Evifa, Fakhriyah Bilad Arara, Fathan Arswida, Rifky Adi Saputra, and Ade Suryanda. 2023. “Problem Based Learning: Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Siswa.” Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 2(2): 1112–18. doi:10.47233/jpst.v2i2.1385.
Ningsih, Setia, and Hendra H. Dukalang. 2019. “Penerapan Metode Suksesif Interval Pada Analsis Regresi Linier Berganda.” Jambura Journal of Mathematics 1(1): 43–53. doi:10.34312/jjom.v1i1.1742.
Nurhayati, Liyana, Kus Sri Martini, and Tri Redjeki. 2013. “Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Dengan Media Crossword.” Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) 2(4): 151–58.
Padilah, Tesa Nur, and Riza Ibnu Adam. 2019. “Analisis Regresi Linier Berganda Dalam Estimasi Produktivitas Tanaman Padi Di Kabupaten Karawang.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 5(2): 117. doi:10.24853/fbc.5.2.117-128.
Parnabhakti, Lily, and Nicky Diwi Puspaningtyas. 2020. “Pengaruh Media Power Point Dalam Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR 1(2): 8–12.
Primadoniati, Anna. 2020. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar PAI Di SMPN 2 Ulaweng Kabupaten Bone.” Jurnal Al-Qayyimah 2(2): 40–55. doi:10.30863/aqym.v2i2.650.
Puspitasari, Qona Dwi, and Ari Wibowo. 2022. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV Di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro.” Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia 1(1): 1–7. doi:10.56393/pelita.v1i1.105.
Qurnia Sari, Atmira, YL Sukestiyarno, and Arief Agoestanto. 2017. “Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear.” Unnes Journal of Mathematics 6(2): 168–77. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm.
Solehah, Siti, and Sri Langgeng Ratnasari. 2019. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Beban Kerja, Job Insecurity Terhadap Turnover Intention Karyawan PT. Federal Internasional Finance Cab Batam.” Jurnal Dimensi 8(2): 210–39. doi:10.33373/dms.v8i2.2153.
Subekti, Niken, and Anita Fibonacci. 2014. “Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains [ Mpkbe ] Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa.” : 83–90.
Sulistyowati, Nastiti, Antonius Tri Widodo, and Woro Sumarni. 2012. “Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia.” Chemistry in Education 2(1): 49–55.
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i2.9271
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.