Analisis Kemampuan Belajar Siswa Kelas XI Ipa II SMA Negeri 3 Kota Ternate Pada Materi Hidrokarbon
Sari
Abstrak
Nur Afiyanti Harun, 2024. Analisis Kemampuan Belajar Siswa Kelas XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate. Dibawah biimbingan Zulkifli Zam Zam dan Ilham Mauraji.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa kelas XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate dalam materi hidrokarbon. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate yang berjumlah 20 siswa yang tersebar dalam 1 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrumen tes dan nontes, berupa essay yang berjumlah 10 item soal dan angket berjumlah 15 item pernyataan. Hasil analisis menunjukan bahwa rata-rata kemampuan belajar Lots siswa kelas XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate dalam mempelajari materi hidrokarbon berada pada kategori rendah dengan presentase 85% dan sebagian kecil berada pada kategori tinggi dengan presentase 15%. Begitupun dengan kemampuan Hots siswa kelas XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate dalam mempelajari materi hidrokarbon berada pada kategori sangat rendah dengan presentase 85% dan sebagian kecil berada pada kategori tinggi dengan presentase 15%. Dari 20 siswa yang dijadikan sampel. Faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa adalah faktor internal siswa terdapat pada aspek minat,sikap,motivasi dan intelegensi. Intelegensi dengan presentase 70% pada kategori tinggi, minat 55% sikap 55% dan motivasi 50%. Dan faktor eksternal adalah perhatian orangtua dengan presentase 70%, berada pada kategori tinggi, metode guru 65%, kualitas guru 65% dan fasilitas sekolah 65%.
Abstract
Nur Afiyanti Harun, 2024. Analysis of Learning Ability of Class XI Ipa 2 Students of SMA Negeri 3 Kota Ternate. Under the guidance of Zulkifli Zam Zam and Ilham Mauraji.
This study was conducted to determine the learning ability of students and the factors that influence the learning ability of students in class XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate in hydrocarbon material. This type of research is descriptive research. The population in the study were all students of class XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate which amounted to 20 students spread over 1 class. The sampling technique used was saturated sampling, the instruments in this study were using test and non-test instruments, in the form of essays totaling 10 question items and questionnaires totaling 15 statement items. The results of the analysis showed that the average Lots learning ability of students in class XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate in learning hydrocarbon material was in the low category with a percentage of 85% and a small percentage was in the high category with a percentage of 15%. Likewise, the ability of Hots students of class XI Ipa 2 SMA Negeri 3 Kota Ternate in learning hydrocarbon material is in the very low category with a percentage of 85% and a small percentage is in the high category with a percentage of 15%. Of the 20 students sampled. Factors that affect students' learning abilities are internal factors of students in the aspects of interest, attitude, motivation and intelligence. Intelligence with a percentage of 70% in the high category, interest 55% attitude 55% and motivation 50%. And external factors are parental attention with a percentage of 70%, in the high category, teacher methods 65%, teacher quality 65% and school facilities 65%.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adawiyah, F (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1): 68-82
Anggorowati,S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1): 150-156
Rumansyah. (2002). Ilmu Kimia Sebagai Ilmu Sains. Bandung: Ganeca Exact.
Sukardjo. (2008: 78). Kimia Fisika. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Adawiyah, F (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1): 68-82
Anggorowati,S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah WUNY, 2(1): 150-156
Rumansyah. (2002). Ilmu Kimia Sebagai Ilmu Sains. Bandung: Ganeca Exact.
Sukardjo. (2008: 78). Kimia Fisika. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tresna Sastrawijaya. (2008). Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA/MA. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i2.9274
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.