Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sanana Pada Materi Struktur Atom
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sanana dalam memahami materi Struktur Atom. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negri 1 Sanana yang terdiri 189 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Sanana berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan instrumen tes dan nontes, berupa soal essay yang berjumlah 10 item dan angket berjumlah 15 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Sanana pada materi struktur atom tiap siswa berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 85%. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sanana setelah mempelajari materi struktur atom sangat rendah adalah faktor internal yang berada pada aspek minat dan konsentrasi belajar dengan nilai persentase 65%, sedangkan untuk faktor eksternal terletak pada aspek fasilitas sekolah dengan persentase terendah 65%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Struktur Atom.
ABSTRACT
This study was conducted to determine the learning outcomes and factors that affect the learning outcomes of grade X students of SMA Negeri 1 Sanana in understanding the material of Atomic Structure. This type of research is descriptive. The population in this study was all grade X students of SMA Negri 1 Sanana consisting of 189 students and the sample in this study was grade X-6 students of SMA Negeri 1 Sanana totaling 20 students. The sampling technique used is Cluster Random Sampling. This research instrument uses test and non-test instruments, in the form of essay questions totaling 10 items and questionnaires totaling 15 items. The results showed that the chemistry learning outcomes of grade X students of SMA Negeri 1 Sanana on atomic structure material for each student were in the very low category with a percentage of 85%. The factors that affect the learning outcomes of grade X students of SMA Negeri 1 Sanana after studying atomic structure material are very low internal factors that are in the aspect of interest and concentration of learning with a percentage value of 65%, while for external factors lie in the aspect of school facilities with the lowest percentage of 65%.
Keywords : Learning Outcomes, Influencing Factors, Atomic Structure.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidkan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori Diagnosis dan Remediasi. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Akbar. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.
Akdon, R. 2007. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Desriana, D., Amsal, A., dan Husita, D. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dengan Media Internet Dalam Pembelajaran Asam Basa Di MAN Indapuri. Jurnal Pendidikan Kimia.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (n.d.). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian.
Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Irwanti, F., & Widodo, S. A. 2018. Efektivitas STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VII. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
James E. Brady. 1999. Kimia Universitas Asas & Struktur Jilid Satu. Terjemahan Sukmariah Maun, Kamianti Anas dan Tilda S. Sally. Tengerang: Binarupa Aksara.
Kurniawati, D, dkk,. 2017. Kimia untuk SMA/MA Kelas X: Bandung: Yrama Widya.
Maihar Auliana. 2016. Analisis Kesulitan yang dialami Siswa Kelas X MAN Indrapuri dalam Menentukan Massa Atom Realtif dan Massa Molekul Realtif. Skripsi.
Magdalena, I., dkk. 2020. Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi Dan Sains.
Multasyam, Y, A., dan Ma’ruf. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 4, Nomor 3, 298-308.
Nafiati, D. A. 2021. Revisi taksonomi Bloom : Kognitif , afektif , dan psikomotorik. Kajian Umum Mata Kuliah Umum.
Ngalim, Purwanto.2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya
Nurul Faizah. 2020. Pentingnya analisis hasil belajar. Article
Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Setyningrum, Isriana. 2012. Hubungan Disiplin Belajar Dan Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Lokantara. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.
Siregar, Evelin. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian, Bandung: CV Alfa Beta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: CV Alfa Beta.
Suhendri, H. 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Roneka Cipta
Surat, W. Limatahu, N, A. dan Rahman, N, A. 2021. Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Utara Pada Materi Ikatan Kimia Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair.
Syukri. S. 1999. Kimia Dasar I. Bandung: ITB.
Tumulo, T. I. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(June).
Vivian Ardillah. 2017. Pengaruh Remedial Teaching Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom Kelas XI IPA SMA Negeri I Sanggau. Jurnal Ilmiah.
Widiyowati, I, I. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur dengan Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarman Samarinda.
Zakiyah. Ibnu, S. Subandi. 2018. Analisis Dampak Kesulitan Siswa Pada Materi Stoikiometri Terhadap Hasil Belajar Termokimia. Jurnal Kimia Dan Pendidikan
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i2.9311
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.