Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Vir-Lab Pada Materi Asam Basa
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas media vir-lab pada konsep asam basa dan mengetahui tingkat kepraktisan media vir-lab pada konsep asam basa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan R&D dengan model ADDIE Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru dan siswa kelas XI MA Babang. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran vir-lab. Teknik pengumpulan data dari angket uji validitas, uji praktikalitas dan uji respon siswa. Penelitian menghasilkan produk berupa media pembelajaran vir-lab yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas media oleh 2 orang ahli media masing-masing sebesar 92% (sangat valid), 96% (sangat valid), ahli materi 95% (sangat valid), tingkat praktikalitas oleh G1 97,7% (sangat praktis), G2 95,5% (sangat praktis), G3 93,5% (sangat praktis), G4 91,1% (sangat praktis), G5 97,7% (sangat praktis) dan uji respon siswa 94,24% bahwa media vir-lab berbasis aplikasi sangat praktis digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci:
Media, Vir-Lab, Asam Basa
Abstract
This research aims to determine the level of validity of vir-lab media on the acid-base concept and determine the level of practicality of vir-lab media on the acid-base concept. This type of research is R&D development with ADDIE Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation models. The subjects in this study are media experts, material experts, teachers and students of grade XI MA Babang. The object of this research is a vir-lab learning medium. Data collection techniques from validity test questionnaires, practicality tests and student response tests. Research produces products in the form of vir-lab learning media that are suitable for use. The results showed the media validity rate by 2 media experts each at 92% (very valid), 96% (very valid), material expert 95% (very valid), the level of practicality by G1 97.7% (very practical), G2 95.5% (very practical), G3 93.5% (very practical), G4 91.1% (very practical), G5 97.7% (very practical) and student response test 94.24% that application-based vir-lab media is very practical used in learning.
Keywords:
Media, Vir-Lab, Acid Base
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alhimni Rusdi dkk. (2021). Development of Virtual Lab Learning Media To Improve Science Process Skills and Mastery of the Concept of Acid-Base Titration in High School Students for the 2020/2021 Academic Year. Jurnal Zarah, 9(2), 125–130.
Asmara. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578
Astuti. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie Di Smk Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695.https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35.42.https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Firda. (2022). “Pengembangan Media Laboratorium Virtual 9 Kimia (Chemistry Virtual Laboratory) Berbasis Android Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Journal Information, 10(1), 1–16.
Gunawan. (2015). Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 5(2), 41–46.
Hasan. (2021). Media Pembelajaran. Deepublish
DOI: https://doi.org/10.33387/jpku.v4i2.9312
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.