Studi Perbandingan Pengelolaan Dan Penggunaan Sumberdaya Kelautan/Perikanan Selama Era Tahun 1988an (Studi Kasus Kota Ternate, Maluku Utara)

Andi Agus

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui studi pengelolaan sumberdaya kelautan/perikanan tahun 1980an di Kota Ternate, Maluku Utara. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif qualitative dan Pengumpulan dan analisis data dilakukan secara deskriptif qualitative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi alat tangkap yang digunakan masih kecil, belum ada mekanisasi dan masih menggunakan layar sebagai tenaga penggerak.Jaringan pemasaran hasil perikanan dalam bentuk segar dan olahan serta hasil laut di Kota Ternate sudah ada antar pulau atau daerah dan belum banyak regulasi yang mengaturnya serta gejolak harga belum terjadi.

Kata Kunci : Dimensi alat tangkap, Jaringan Pemasaran, Ikan segar, olahan dan Hasil-hasil laut.


References


Ayodhyoa, A.U. 1979. Metode Penangkapan Ikan. Yayasan Dewi Sri.Bogor.

Brandt, A von. 1984.Fish Catching Methods of the World. Fishing News Books Ltd. Farnham Surrey England.

Masatsune, Nomura and Tomeyoshi Yamazaki. 1977. Fishing Techniques. Compilations of Transcript of Lectures Presented at the Training Department. SEAFDEC.Japan International Cooperations Agency.Tokyo. Japan.

Murdiyanto, B., Mangunsukarto, Kusman., dan Hestirianto, T., 1985. Modul Alat-Alat Penangkapan Ikan. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Proyek Sistem Pendidikan Jarak jauh Dengan Satelit (SISDIKSAT) BKS PTN INTIM_IPB_USAID/AED.

Salam, M. 2011. Metodologi penelitian sosial kualitatif: menggugat doktrin kuantitatif. Masagena Press. Makassar.

Sadhori, N.S. 1985. Teknik Penangkapan Ikan. Angkasa. Bandung.

Sudirman dan Mallawa, A. 2002. Teknik Penangkapan Ikan. CV. Rineke Cipta. Jakarta.

Sudirman., 2012., Alat dan Metode Penangkapan Ikan.CV. Rineke Cipta. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v2i1.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia