Keanekaragaman Echinodermata di Perairan Pulau Ngele Ngele Kecil, Kabupaten Pulau Morotai

Nurafni Nurafni, Sandra Hi Muhammad, Ikbal Sibua

Abstract


Echinodermata merupakan hewan invertebrata yang memiliki duri pada permukaan kulit, filum ini terbagi atas lima kelas yaitu Bintang laut (Asteroidea), Bintang mengular (Ophiuroidea), Teripang (Holothuroidea) Bulu babi (Echinoidea) dan Lili laut (Crinoidea).. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keanekaragaman Echinodermata diperairan Pulau Ngele-Ngele Kecil. penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2017 – Januari 2018 dengan menggunakan metode Transek Kuadrat. Penarikan contoh sampling berdasarkan keberadaan Echinodermata dan ditentukan sebanyak 4 stasiun penelitian. Hasil perhitungan nilai kepadatan jenis tertinggi pada jenis Laganum laganum sebesar (14,75 - 14,92 ind/m²) dan yang terendah jenis Ophiarachna affinis, Ophiactis sp, Linckia laevigata dan Protoreaster nodosus sebesar (0,58 – 0,83 ind/m²) pada masing-masing jenis dalam tiap stasiun. Nilai indeks keanekaragaman jenis tertinggi pada stasiun III sebesar 1,04 dengan kategori sedang dan terendah pada stasiun I diperoleh 0,54. Nilai indeks keseragaman tertinggi pada stasiun II dan III sebesar 0,10 dengan kategori kecil dan yang terendah pada stasiun I sebesar 0,05. Sedangkan nilai indeks dominasi yang diperoleh pada empat stasiun penelitian sebesar 0,02 – 0,04 dapat dikategorikan dengan kriteria yang rendah.
Kata kunci: Keanekaragaman, Echinodermata, Pulau Ngele Ngele

References


Aziz A. 1996. Makanan dan cara makan berbagai bintang laut. Jurnal Oseama. Vol 21 Nomor 3. Balai Penelitian dan Pengembangan Biologi Laut, Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi-LIPI, Jakarta.

Aziz A. 1996. Habiatat dan Zonasi Fauna Ekhinodermata di Ekosistem Terumbu Karang. Oseana, Vol XXI, Nomor 2. Balai Penelitian dan Pengembangan Biologi Laut, Pusat Penelitian dan Pengembangan Biologi-LIPI, Jakarta.

Dahuri R. 2003. Keanekaragaman Hayati Laut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hutauruk L. E. 2009. Studi Keanekaragaman Echinodermata di Kawasan Perairan Pulau Rubiah Nanggroe Aceh. Skripsi. Universitas Sumatra Utara.

Katili S A. 2011. Struktur Komonitas Echinodermata padaZona Intertidal di Gorontalo. Jurnal penelitian dan Pendidikan 8 (1): 52-61.

Nova. A. H. 2016. Keanekaragaman Jenis Ophiuroidea di Zona Intertidal Tanjung Bilik Taman Nasional Baluran. Skripsi. Universitas Jember.

Nurfajriah D. 2014. Struktur komunitas Echinodermata di daerah budidaya karang hias Pulau Panggang, Kepulauan Seribu. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Odum E P., 1971. Fundamental Of Ecology. Philadelphia London Toronto. W.B. Souders Company.

Odum. 1993. Dasar-dasar ekologi. Diterjemahkan oleh Samingan. Edisi ketiga. Gajah mada University. Yokyakarta.

Pratiwi F. 2011. Inventarisasi Jenis-jenis Holothuroidea (Echinodermata) di Rataan Terumbu Beberapa Pulau Taman Nasional Kepulauan Seribu, Jakarta. Skripsi. Universitas Indonesia.

Rajab W D., Rumahega A S., Soamelo A., Polnaya D., & Barends W. 2014. Keragaman dan Kepadatan Ekhinodermata di Perairan Teluk Weda, Maluku Utara. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 6 (1) 17-30.

Romadhoni F M. 2013. Keanekaragaman Jenis Echinodermata di Pantai Kondang Merak Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Sikripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibraim Malang.

Rumahlatu D., Gafur A dan Sutomo H. 2008. Hubungan Faktor Fisik-Kimia Lingkungan dengan Keanekaragaman Echinodermata pada daerah Pasang Surut Pantai Kairatu. Jurnal (1) 77-85.

Saputra A D. 2001. Struktur Komunitas Teripang (Holothuroidea) di Perairan Pantai Pulau Pramuka dan Pulau Tikus, Kepulauan Seribu, Jakarta. Sikripsi. Institut Pertanian Bogor.

Saputra B H. 2017. Hubungan Kandungan Bahan Organik Sedimen dengan Kelimpahan Asteroidea di Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa Jepara. Proposal Penelitian. Universitas Diponegoro Semarang.

Supriadi H., Muzahardan Idris F. 2015. Struktur Komunitas Echinodermata di Terumbu Karang Peraian Laut Teluk Pering Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas. Jurnal: 2-3.

Triana R., Elfidasari D dan Vimono B I. 2015. Identifikasi Echinidermata di Selatan Pulau Tikus, Gugusan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta. Jurnal 1 (3): 455-459.

Wisnubudi G. 2013. Keanekaragaman dan Kelimpahan Teripang (Holothuroidea) Serta Potensinya di Pulau Kotok Besar, Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKpS). Fakultas Biologi Universitas Nasional Jalan Sawo Mania.

Yusron E. 2006. Biodeversitas Ekhinodermata di Perairan Pantqi Takofi, Pulau Moti – Maluku Utara. SAIN, Vol. 10. No.1, April 2006:41

Yusron E. 2010. Keanekaragaman Jenis Ophiuroidea (bintang mengular) di Perairan Wori, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jurnal. 14 (1): 75-78.

Yusron E. 2010. Keanekaragaman Jenis Echinodermata di Perairan Likupang, Minahasa Utara, Sulawesui Utara. Bidang Penelitian Sumberdaya Laut, Pusat Oseanografi – LIPI. Vol 15 (2) 85-90.

Zulfa U. 2015. Keanekaragaman Jenis Asteroidea di Zona Intertidal Pantai Pancur Taman Nasional Alas Purwo. Skripsi. Universitas Jember




DOI: https://doi.org/10.33387/jikk.v2i2.1427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

Address : Marine Science Study Program, Faculty of Fisheries and Marine Science - Khairun University, Ternate, North Maluku, Indonesia