PENINGKATAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG TEKNOLOGI, ADMINISTRASI, DAN MANAJEMEN DESA WISATA DI PADUKUHAN PLESEDAN

Dyah Rosiana Puspitasari, Bonaventura Agung Sigit Pambudi, Heni Anugrah, Agus Bayu Andriyana Saputra, Alfian Chandra Widita, Wafi Salsabila, Putri Eka Artiningrum, Muhammad Tyas Ghazali, Hidayat Nurohman, Muhammad Gibran Harda Kusumawardani, Jhevenly Jhevenly, Fadli Aryanto

Sari


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya pengurus desa wisata di Padukuhan Plesedan, terkait dengan teknologi, administrasi, dan manajemen desa wisata. Dalam era perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat pedesaan seperti Plesedan perlu memahami dampak dari kemajuan teknologi tersebut untuk memajukan pengelolaan desa wisata mereka. Metode pelaksanaan ini melibatkan pendekatan observasi partisipatif, di mana para peserta diberikan materi dan penjelasan mengenai teknologi, administrasi, dan manajemen desa wisata di Plesedan. Kegiatan ini juga mencakup sesi tanya-jawab untuk memperdalam pemahaman masyarakat. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah   peningkatan pemahaman pengurus desa wisata di Plesedan, tentang aspek-aspek penting dalam pengelolaan desa wisata, sehingga masyarakat dapat lebih efektif dalam mengintegrasikan teknologi, mengelola administrasi desa wisata, dan meningkatkan manajemen desa wisata mereka.


Kata Kunci


Desa Wisata Plesedan, Sosialisasi, Teknologi Administrasi, Manajemen

Teks Lengkap:

PDF 71-80

Referensi


“No Title.” Accessed: Nov. 21, 2023. [Online]. Available: https://fkkmk.ugm.ac.id/observasi-atau-observasi-partisipasi-dalam-penelitian/

“No Title.” Accessed: Nov. 02, 2023. [Online]. Available: https://kbbi.web.id/sosialisasi

Zanden J. W. Vander, Sociology. New York: John Wiley & Sons, 1979.

K. Amira, “No Title.” Accessed: Nov. 02, 2023. [Online]. Available: https://www.gramedia.com/literasi/teknologi-adalah/

L. Marliani, “Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang,” J. Fak. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit. Univ. Galuh, vol. 5, no. 4, pp. 17–18, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1743/1407

A. R. Rohman, “Definisi, Patok Duga dalam Manajemen Mutu,” 2018.

Astari, Khairiah, MIndani, “Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi,” JUSIE (Jurnal Sos. dan Ilmu Ekon., vol. 6, no. 01, pp. 29–38, 2021, doi: 10.36665/jusie.v6i01.414.

Accessed: Nov. 02, 2023. [Online]. Available: https://srimulyo-bantul.desa.id/artikel/2016/8/24/visi-dan-misi.

B. P. W. Nirmala and A. A. I. I. Paramitha, “Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0,” J. Karya Abdi Masy., vol. 4, no. 3, pp. 350–355, 2020, doi: 10.22437/jkam.v4i2.11273.

F. Meliza, J. Hamzah, R. Marpaung, “SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN DIGITAL & SADAR WISATA PADA USAHA RUMAHAN PENGOLAHAN HASIL LAUT, DESA SENTANG KEC. TELUK MENGKUDU KAB.SERDANG BEDAGAI, SUMUT,” JIPMAS J. Visi Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 04, no. 02, pp. 78–90, 2023.

N. Nursetiawan and A. Hairani, “Pemberdayaan Wisata Dan Peningkatan Bumdes Pada Objek Wisata Era Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 1714–1718, 2022, doi: 10.18196/ppm.44.651.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


KHAIRUN JOURNAL OF ADVOCACY AND LEGAL SERVICES

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU HUKUM PASCASARJANA UNIVERSITAS KHAIRUN

Gedung Pascasarjana Universitas Khairun, Jalan Jusuf Abdurrahman Kampus II Gambesi, Ternate Selatan, Maluku Utara, Indonesia.

KJALS : Khairun Journal of Advocacy And Legal Services under a Creative Commons Attribution 4.0 International License