PELAKSANAAN REVIU KURIKULUM PROGRAM STUDI HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH SYARIAH) SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MULIA ASTUTI (STAIMAS) WONOGIRI

Syaifullahil Maslul

Sari


Kurikulum merupakan sesuatu yang penting dalam Pendidikan tinggi. Salah satu kegiatan yang harus dilakukan setelah setelah kurikulum selesai maupun berkala adalah reviu kurikulum. Kegiatan pengabdian ini fokus pada pelaksanaan reviu kurikulum Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah Syariah) Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri. Pengabdian ini dilakukan dalam 3 (tiga) kegiatan yang terdiri dari presentasi materi reviu, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini diklasifikasikan dalam 2 (dua) level: level bersegi satu dan level bersegi dua. Hasil dari kegiatan ini adalah terselenggaranya kegiatan reviu kurikulum Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah Syariah) Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti (STAIMAS) Wonogiri.

Kata Kunci


Reviu, Kurikulum, dan Pendidikan Tinggi

Teks Lengkap:

PDF 27-34

Referensi


Ermi, Netti. “Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Sosial pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru.” SOROT 10, no. 2 (October 16, 2015): 155. https://doi.org/10.31258/sorot.10.2.3212.

Junaidi, Aris. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. 1st ed. Vol. 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2020.

Kaimuddin. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi.” Jurnal Al Ta’dib 8, no. 1 (2015).

Made, Abdul Malik, Ambiyar Ambiyar, Fahmi Rizal, Afif Rahman Riyanda, Pujiati Pujiati, and Rahmawati Rahmawati. “Evaluasi Akreditasi Program Studi di Perguruan Tinggi Merujuk pada Peraturan Pemerintah No 3 Tahun 2020 (SN DIKTI).” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 4 (June 11, 2022): 5228–38. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3173.

Palguna, I Dewa Gede, and Bima Kumara Dwi Atmaja. “Konsepsi Pendidikan Sebagai Hak Konstitusional.” Jurnal Hukum Ius Quia Iustum 30, no. 2 (May 1, 2023): 350–70. https://doi.org/10.20885/iustum.vol30.iss2.art6.

Semar, Jurnal. “Pelatihan Presentasi Ilmiah Untuk Meningkatkan Daya Saing Dalam Kompetisi Ilmiah Bagi Anggota Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja Di Kota Semarang,” 2016.

Wardhana, Ivan Prapanca. “Review Kurikulum Pendidikan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) Tahun 1984 Dalam Pendidikan Indonesia.” Keraton: Journal of History Education and Culture 3, no. 1 (June 17, 2021): 17. https://doi.org/10.32585/keraton.v3i1.1611.

Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, and Nizmah Maratos Soleha. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.” JURNAL BUANA PENGABDIAN 1, no. 1 (August 15, 2019): 66–72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Yuniwati, Yuniwati. “Politik Hukum Dalam Kesejahteraan Rakyat.” Justicia Sains: Jurnal Ilmu Hukum 2, no. 2 (December 1, 2017): 131–40. https://doi.org/10.24967/jcs.v2i2.280.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


KHAIRUN JOURNAL OF ADVOCACY AND LEGAL SERVICES

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU HUKUM PASCASARJANA UNIVERSITAS KHAIRUN

Gedung Pascasarjana Universitas Khairun, Jalan Jusuf Abdurrahman Kampus II Gambesi, Ternate Selatan, Maluku Utara, Indonesia.

KJALS : Khairun Journal of Advocacy And Legal Services under a Creative Commons Attribution 4.0 International License