Pengaruh Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Eni Puspitasari, Hery Suharna, Ariyanti Jalal, Murniati Tajuddin

Sari


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar, menggunakan desain penelitian one group pretest – posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 yang terdiri dari 28 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik tes untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa. Teknik analisis data kemampuan representasi matematis siswa dinilai dengan pedoman penskoran, Wilcoxon Match Pair Test, uji Normalitas, dan uji one sample t-test. Hasil uji normalitas data pretest diperoleh signifikansinya (Sig.) =  sehingga nilai sig shapiro-wilk >  = 0,05 maka data berdistribusi normal, dan normalitas data posttest diperoleh signifikansinya (Sig.) = 0,001 nilai sig shapiro-wilk <  = 0,05 maka posttest tidak berdistribusi normal,  maka kesimpulannya data berdistribusi tidak normal. Sehingga dilakukan uji wilcoxon match pair test, karena nilai asymp sig = 0,000 <  = 0,05 maka  ditolak dan  diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 2 Kota Ternate sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v1i3.3527

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.