Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gender
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument tes, wawancara dan dokumentasi. Tekik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa. Kemudian diambil 5 siswa sebagai perwakilan subjek pada setiap kategori. Masing-masing terdiri dari 3 siswa laki-laki, yaitu SL-8, SL-7 dan SL-17 dan 2 siswa perempuan, yaitu SP-10 dan SP-9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Subjek SL-8 mampu menyelesaikan semua tahapan pemecahan masalah matematika, 2) Subjek SL-7 dan subjek SP-10 mampu menyelesaikan hampir semua tahapan pemecahan masalah matematis. Tetapi subjek SP-10 masih mengalami sedikit kesulitan dalam memahami masalah. Selain itu, keduanya masih keliru dalam melakukan tahap akhir, yaitu memeriksa kembali, 3) Subjek SL-17 dan SP-9 hanya mampu melakukan beberapa tahapan pemecahan masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan masalah dan melaksanakan masalah keduanya belum mampu melakukan tahap akhir pemecahan masalah, yaitu memeriksa kembali.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v3i1.5741
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia
Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.