Optimalisasi Prestasi Belajar Matematika pada Materi Fungsi Eksponen dan Logaritma dengan Menerapkan Metode Kooperatif Learning pada Siswa Kelas X-MIA

Yesih Marice Waitira

Sari


Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain.  Siswa juga perlu menyelesaikannya, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan metode kooperatif learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika, (2) Bagaimanakah prosedur penggunaan metode kooperatif learning yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode kooperatif learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika, (2) Untuk menemukan prosedur penggunaan metode kooperatif learning yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sebanyak empat pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Dan sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X-MIA SMA Swasta Kristen DOBO, Kabupaten Kepulauan Aru. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan kegiatan belajar mengajar. Dan dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, Siklus I pertemuan pertama (50,61 %), Siklus I Pertemuan kedua (56,80 %), dan pada Siklus II pertemuan pertama (61,73 %) dan pertemuan kedua (72,88 %). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Kooperatif learning yang dipadukan dengan Model STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi dan prestasi belajar Siswa X-MIA SMA Swasta Kristen DOBO, Kabupaten Kepulauan Aru Tahun Pelajaran 2022 - 2023. Selain itu juga, model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative yang sangat membantu guru pada pembelajaran di kelas.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i1.7279

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.