Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Segitiga

M. Risal Sigui, Nurma Angkotasan, Hasan Hamid

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi segitiga dan (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi segitiga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Desing. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 15 Halmahera Utara yang terdiri dari dua kelas yakni VII-1 dan VII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampling purposive. Hasil analisis dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung 8,586 lebih kecil dari ttabel 2,045, dengan α = 0,025 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching setelah diterapkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi segitiga. Hasil analisis deskriptif dengan menggunakan rumus N-gain dan interpretasi dari gain ternormalisasi bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi segitiga peningkatan dengan interpretasi tinggi.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33387/jpgm.v4i1.7280

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Editorial Office : Alamat : Jalan Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kampus 1 Universitas Khairun, Kota Ternate Utara, Maluku Utara-Indonesia

Telepon: (0921) 3121550
Email: joko.s@unkhair.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.